Mohon tunggu...
Hangganararas Pandhita
Hangganararas Pandhita Mohon Tunggu... Law Student at Diponegoro University

Law Student at Diponegoro University

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN Undip Menyebarkan Kebaikan Melalui Pengedukasian tentang COVID-19

9 Agustus 2020   09:59 Diperbarui: 9 Agustus 2020   10:14 21 0 0 Mohon Tunggu...

Jakarta -- Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Hangganararas Pandhita (20), telah melaksanakan Kuliah Keja Nyata (KKN) Undip Tim II Periode 2020. Hangganararas melakukan KKN di lingkungan sekitar rumahnya secara online karena adanya Pandemi COVID-19. KKN Hangganararas dilaksanakan kurang lebih selama enam minggu di RT 014 Jalan Gorda, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.(09/08)

Sebelum KKN berjalan, Hangganararas dan mahasiswa peserta KKN Undip Tim II Periode 2020 lainnya diberikan pembekalan oleh masing-masing dosen pembimbing lapangan. Pembekalan KKN bertujuan untuk memberikan peserta KKN untuk persiapan dan menyiapkan apa saja yang harus dilakukan saat KKN.

Pada dua minggu pertama KKN, Hangganararas menggunakan waktunya untuk membuat rencana kegiatan, survei lingkungan sekitar rumah, perizinan kepada RT. Dilanjutkan pada minggu ketiga, yaitu pelaksaan program pertama Hangganararas. Program pertama dari Hangganararas adalah sosialisasi dengan sistem door to door tentang protokol kesehatan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. HK/01.07/MENKES/382/2020, dimana dalam program pertama tersebut menghasilkan output berupa poster yang ditempel di sekitar lingkungan rumah.

Selanjutnya, pada minggu keempat, Hangganararas melaksanakan program keduanya, yaitu sosialisasi New Normal Life yang berkaitan dengan SDGs tentang Good Health and Well Being. Pada program kedua ini, Hangganararas mencoba untuk mengedukasi masyarakat sekitar rumahnya untuk mencegah COVID-19 dengan makanan bergizi seimbang serta memberikan new normal kit. Hangganararas memilih program ini karena pada saat ini telah memasuki kehidupan new normal dan sangat pentignya menjaga kesehatan di masa Pandemi ini.

Sebelum dilaksanakannya program kedua ini, Hangganararas sempat membuat hand sanitizer sendiri, kemudian hand sanitizer tersebut diberikan kepada masyarakat sekitar bersamaan dengan pemberikan edukasi tersebut. Sama seperti program pertama, program kedua ini juga memiliki output berupa poster tentang makanan bergizi seimbang yang ditempel dibeberapa lingkungan sekitar rumahnya juga.

Pada dua minggu terakhir KKN, Hangganararas melakukan publikasi dan pembuatan laporan pertanggung jawaban dari program yang telah dilakukannya. Setelah Hangganararas menyelesaikan program KKN-nya, masyarakat merasa terbantu dengan adanya sosialisasi dari Hangganararas. "Kesehatan di masa Pandemi sekarang ini, kesehatan merupakan prioritas utama. Jadi saya jadi tertambah wawasannya dengan sosialisasi yang dilakukan Hangga tentang protokol kesehatan saat berada di tempat dan fasilitas umum. Saya juga jadi tahu aturannya telah dimuat dalam keputusan Menteri Kesehatan", ujar Annissa, warga RT 14 Jalan Gorda, Kelurahan Lubang Buaya. Pengalaman KKN online ini membuat Hangganararas merasa lebih dekat dan mengenal masyarakat dan lingkungan sekitar rumahnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x