Mohon tunggu...
Handy Pranowo
Handy Pranowo Mohon Tunggu... LOVE FOR ALL HATRED FOR NONE

LOVE FOR ALL HATRED FOR NONE

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ayo Generasi Muda Jangan Lupa Zakat

7 Mei 2021   16:01 Diperbarui: 7 Mei 2021   16:08 420 20 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Generasi Muda Jangan Lupa Zakat
Bpk. Ichsan Kamil, Ketua Lazmaf. dokpri

"....Dan dari apa saja yang Kami rezekikan kepada mereka, mereka membelanjakannya."  Surah Al-Baqarah ayat 3.

Tidak terasa bulan ramadhan tahun ini akan berakhir semoga puasa di tahun ini bisa menjadi penyegaran diri dan semangat kita kedepannya untuk terus beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Dan untuk menyempurnakan sebulan penuh ibadah puasa kita, sudah pasti dan di wajibkan kita untuk menunaikan membayar Zakat Fitrah. 

Laki-laki dan perempuan, anak kecil dan dewasa, kaya atau miskin, merdeka atau hamba sahaya di wajibkan membayar zakat fitrah sebanyak satu sa' atau 3.1 liter atau ada yang membulatkannya menjadi 3.5 liter atau setara jumlah uang Rp. 30.000.

Zakat, atau transliterasi Zakah, mengandung arti kebersihan, kesucian dan berkembang. Kata ini mengacu kepada ibadah, membelanjakan harta kekayaan atau bisa juga mengacu pada harta yang di berikan dengan niat menunaikan kewajiban atau fardhu.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: "Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang puasa dari perbuatan sia-sia dan dari perkataan keji dan untuk memberi makan orang miskin. 

Barang siapa yang mengeluarkannya sebelum shalat (Idul Fitri), maka berarti zakatnya di terima dan barang siapa yang mengeluarkannya sesudah shalat Ied, maka itu berarti Shadaqah seperti shadaqah biasa bukan zakat fitrah. (HR: Abu Daud, Ibnu Majah dan Daaruquthni)

Dan khusus di tahun ini pengurus Lazmaf (Lembaga Amil Zakat Masjid Al-Furqon) yang berada di wilayah tiga RT tempat saya tinggal ingin menyasar kepada mereka yang wajib zakat khususnya para kaum muda (laki-laki) atau milenial untuk perduli dengan zakat. 

Pengurus Lazmaf dengan ini yang di ketuai oleh Bapak Ichsan Kamil membuka ruang pembayaran zakat tidak lagi di dalam masjid namun mengambil tempat di pekarangan atau taman RT tempat biasa para anak-anak muda lingkungan kami "nongkrong" sambil bermain game. 

Berharap mereka ikut perduli dan mau berperan serta dalam tradisi keagamaan yang baik ini dengan membayar Zakat tepat pada waktunya. 

Onyon, salah satu anggota panitia zakat mewakili anak muda lingkungan kami.dokpri
Onyon, salah satu anggota panitia zakat mewakili anak muda lingkungan kami.dokpri
Alhamdulillah banyak warga di lingkungan saya tinggal menanggapi positif tentang hal ini di mana mereka berharap anak-anak muda atau generasi mileniallah yang seharusnya turun tangan dan berperan serta dalam perayaan hari-hari besar agama dan ikut aktif di dalam kepengurusan masjid. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN