Mohon tunggu...
Hamim Thohari Majdi
Hamim Thohari Majdi Mohon Tunggu... Lainnya - Penghulu, Direktur GATRA Lumajang dan Desainer pendidikan

S-1 Filsafat UINSA Surabaya. S-2 Psikologi Untag Surabaya. penulis delapan (8) buku Solo dan sepuluh (10) buku antologi

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Memberi Tahu Kenaikan BBM kepada Anak

6 September 2022   23:09 Diperbarui: 6 September 2022   23:11 117 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana POM paska kenaikan harga BBM (sumber gambar : Hamim Thohari Majdi)

Awal bulan yang indah, pada tanggal tiga bulan September tahun dua ribu dua puluh dua, pemerintah mengumumkan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) atau bahasa halusnya mulai memberlakukan dan penyesuaian tarif baru. 

Kenaikan harga BBM pasti akan mendongkrak biaya operasional di seluruh sendi kehidupan, untuk itu orang tua harus memberi tahukan lepada anak. Sebegitu pentingnya' sehingga anak wajib tahu? Mari berselancar sejenak

BUKAN URUSI POLITIK

Urusan BBM adalah urusan hajat hidup, menghidupkan roda kehidupan hingga urusan paling kecil yaitu kepentingan perorangan. Di era sekarang motor dan mobil tidak hanya dimiliki oleh kalangan the have (kalangan berduit di kelas atas status sosial ), siapapun mudah mendapatkannya dengan cara membeli secara tunai atau angsuran, bisa juga sewa baik dalam jangka pendek atau panjang.

Bila di luar rumah masalah kenaikan harga BBM menjadi komuditas politik, itu urusan elite parti politik. Bila akhirnya sebelum kenaikan harga BBM diumumkan, terjadi penolakan atau demo, merupakan lepedulian sesama anak bangsa, senasib sepenanggungan.

Pemanfaatan momen kenaikan harga BBM dalam wacana individual, adalah hak pribadi dan tidak dilarang. Semua orang berhak mengambil peluang, asal tidak bermaksud memperkeruh suasana. Ini artinya bahwa seseorang harus melakukan reaksi, tentang bentuk dan jenisnya menjadi hak penuh perorangan.

Maka mengulas dan menyebarluaskan kenaikan harga BBM termasuk kepada anak adalah kewajaran, bahkan levelnya perlu dinaikkan menjadi keharusan.

ANAK HARUS TAHU

Anak-anak meruoakan  bagian dari denyut jantung keluarga, perlu dijaga sensitivitas atau kepekaan agar tidak mudah terkaget-kaget, dengan informasi dan situasi yang nalarnya tidak bisa mencerna. Berikan latihan rutin dan kontinyu atas peristiwa yang dialami orang tua dan bukanlah terbatas urusan orang dewasa, di antaranya adalah seputar BBM  termasuk kenaikan harganya.

Kemajuan teknologi telah menuntun lajunya menuju pelosok desa hingga rongga dada  hampir seluruh umat manusia. Maka tidak ada lagi informasi yang bisa disembunyikan, terhampar dan mampir  di smart phone atau piranti lainnya, semua bisa mengakses dan sangat mudah untuk diakses.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan