Mohon tunggu...
Fathul Hamdani
Fathul Hamdani Mohon Tunggu... Penulis - Pembelajar

Tak penting dimana kita terhenti, namun berikanlah penutup/akhir yang indah

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Produktivitas Tanpa Batas Bersama Tri di Masa Pandemi

2 Juli 2020   15:05 Diperbarui: 2 Juli 2020   15:14 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: securitynews.sonicwall.com

"Jika engkau ingin mengenal dunia, maka membacalah. Namun, jika engkau ingin dikenal dunia, maka menulislah".  - Pramoedya Ananta Toer

Sebagian dari kita mungkin tidak pernah menyangka bahwa pandemi yang kita rasakan saat ini akan berlangsung cukup lama. Memang sudah saatnya kita beradaptasi dengan kondisi, karena dalam menghadapi situasi di masa pandemi tidak cukup bagi kita hanya berdiam diri.

Selalu ada sisi positif bahkan di saat tersulit sekalipun. Yang awalnya mungkin kita jarang memperhatikan kebersihan, kini kita mulai sadar pentingnya kebersihan, yang awalnya kita tidak pernah terlalu memikirkan makanan yang sehat dan menyisihkan waktu beristirahat yang cukup, kini kita mulai peduli untuk menerapkan pola hidup sehat dengan makan-makanan yang sehat dan juga beristirahat yang cukup. Dengan dirumah aja, waktu bersama keluarga juga makin lebih kerasa, bahkan sekarang hampir semua hal dilakukan bersama-sama.

Di tengah pandemi yang belum berkesudahan, mungkin sebagian dari kita kadang juga merasa bosan. Namun ketika waktu yang kita habiskan lebih banyak dirumah aja, kita justru punya banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal yang lebih bermakna. Tidak ada yang harus disalahkan ketika pandemi belum juga bisa di selesaikan, dan memang sudah saatnya kita berhenti untuk saling menyalahkan. 

Beberapa upaya sudah dilakukan oleh pemerintah mulai dari PSBB hingga perlahan-lahan menerapkan New Normal. Semua aspek pun kian disesuaikan, salah satunya penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Dalam hal pembelajaran, penggunaan teknologi sebagai media belajar atau yang lebih akrabnya disebut pembelajaran daring tentu tidak akan terlepas dari suatu jaringan. Saat ini, kita tidak bisa menafikkan bahwa jaringan internet menjadi faktor utama dari pelaksanaan aktivitas daring agar bisa berjalan optimal. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan internet yang optimal tanpa buffering tentunya tidak terlepas dari paket data yang menjadi faktor utama pendukung terlaksananya suatu pembelajaran. Bicara soal paket data, sebagai generasi millenial rasanya sangat rugi jika kita tidak mengenal kartu Tri. Salah satu kartu yang selalu memberikan kenyamanan dalam hal belajar maupun akses internet tanpa batas, dan kini jaringan 3 Indonesia juga telah menghadirkan produk terbarukan dalam menanggapi situasi di era daring saat ini, salah satunya dengan menghadirkan produk AlwaysOn. 

Produk AlwaysOn ini ini bisa dikatakan merupakan produk yang tanggap terhadap situasi di Indonesia saat ini dikarenakan produk ini dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Dimanapun disini dimaksudkan bahwa jaringan ini tersedia baik di tempat yang hanya tersedia jaringan 3G, 4G atau keduanya. Itulah kenapa produk ini dinamakan produk AlwaysOn karena memang benar-benar "On" dimanapun daerahnya. Sehingga dengan kartu Tri generasi millennial bisa membuktikan bahwa keadaan bukan penghambat untuk belajar dan terus produktif.

Aksesnya pun bisa dibilang sangat mudah sekali untuk ditemukan dengan berbagai macam info yang up to date dalam setiap harinya. Beberapa fitur untuk menjangkau paket data produk AlwaysOn pun bisa didapatkan dari aplikasi bima+, USSD *123# dari nomor Tri Pelanggan, retailer, supermarket, minimarket dan e-commerce yang bekerjasama dengan Tri Indonesia. Dan untuk beberapa detail produk yang disediakan oleh Tri juga bisa dijangkau secara lengkap di link website www.tri.co.id dan https://bit.ly/2XqKZMI.  

Menurut saya sebagai pengguna kartu Tri sejak lama, jaringan 3 Indonesia ini bisa dibilang sebagai jaringan yang sangat responsif dalam memberikan informasi terbarukan. Kemudahannya untuk dijangkau dan diakses pun terbilang sangat ramah sekali. Sehingga, bisa dibilang, produk ini juga saya ketahui bukan dari orang lain, tapi memang saya dapatkan sendiri dari website yang sudah disediakan oleh Tri.

Berkaitan dengan kelebihan dari produk AlwaysOn ini, saya benar-benar melakukan kegiatan daring saya secara optimal. Terlebih lagi, dengan harga Rp. 60.000 saja, saya sudah mendapatkan 6 GB dan unlimited kuota dari jam 1 siang sampai jam 5 sore. Kemudian bisa dikatakan, bahwa jam 1 siang sampai jam 5 sore adalah waktu-waktu terpadat seseorang apalagi bagi saya sebagai seorang mahasiswa. Waktu-waktu tersebut adalah waktu disaat seorang mahasiswa seperti saya ini berada dalam kesibukan yang amat sangat.

Beberapa waktu yang lalu, dikarenakan dampak covid-19, bisa kita ketahui bahwa pembelajaran pendidikan pun juga diberlakukan secara daring. Saya adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram, universitas saya pun akhirnya memutuskan untuk menjadwalkan semua pembelajaran secara daring. Sebagai pengguna kartu Tri, tentunya saya tidak khawatir akan hal tersebut, karena sejak lama kartu Tri sudah terkenal dengan harganya yang murah dengan kualitas yang menjanjikan dan sangat cocok untuk digunakan kalangan generasi muda terutama mahasiswa di era daring ini.

Saya tinggal di Dusun Erat Mate, yaaaaa.. bisa di bilang merupakan salah satu daerah pelosok yang ada di Pulau Lombok, tempat saya terkenal sebagai daerah dengan susah sinyal karena selain tempatnya di pelosok juga berada di daerah pegunungan. Namun, hal tersebut sama sekali tidak menjadi hambatan bagi saya. Saya bisa #KalahkanJarak dengan berbagai aktivitas perkuliahan online saya baik melalui zoom dan google meet. Bahkan, saya juga tidak memiliki WiFi, yang otomatis semua pembelajaran saya menggunakan paket data, dan saya melakukan hal tersebut mulai dari saya sekolah sampai dengan kuliah, yakni mengerjakan tugas hanya dari menggunakan paket data dari kartu Tri. 

Terlebih, paket AlwaysOn ini benar-benar menjangkau saya terutama di daerah saya yang pelosok. Bahkan hebatnya lagi, saya tidak pernah merasakan buffering sama sekali selama saya kuliah. Dengan hanya bermodal kartu Tri dan menggunakan produk AlwaysOn, saya bisa #KalahkanJarak untuk menjangkau seluruh tempat secara daring, padahal rumah saya di daerah pelosok dan terkenal susah akan sinyal. 

Namun, hal tersebut tidaklah menjadikan saya risau karena faktanya, selama saya kuliah online, saya pun menggunakan aplikasi dengan kebutuhan penggunaan data dan koneksi yang besar, seperti aplikasi zoom meeting dan google meet. Dan saya bisa melalui itu semua dengan hanya menggunakan produk AlwaysOn, di daerah pelosok, dan tanpa menggunakan WiFi sedikitpun.

Saya juga tergabung dalam Organisasi Riset dan Debat Fakultas Hukum Universitas Mataram. Beberapa waktu ini, saya diberikan amanah untuk melakukan pelatihan debat intensif setiap harinya. Tentunya, walaupun diberlakukan melalui aplikasi chat WhatsApp, namun saya juga tetap harus membagikan file setiap harinya. Ketika saya memberikan pelatihan debat, saya juga sempat mengadakan beberapa pertemuan secara online melalui aplikasi Zoom untuk menunjang pelatihan secara optimal. 

Adapun dari beberapa kegiatan tersebut, saya melakukannya hanya di dalam kamar saya tanpa berpindah kemanapun. Dalam artian disini, saya tidak kesusahan untuk mencari sinyal dan selalu lancar. Dan alhamdulillah, salah satu anak didik saya menjadi 10 peserta terbaik tim debat tingkat nasional dalam lomba yang diadakan oleh LedHak Universitas Hasanuddin tahun 2020.

Selain itu, saya juga #KalahkanJarak dengan mengikuti international course yang menghubungkan saya dengan orang-orang di belahan dunia. Disana, saya berinteraksi dengan mereka dan berbagi ilmu. Pelaksanaan international course-nya menggunakan aplikasi via zoom setiap jam 1 siang sampai jam 4 sore. Dengan begitu waktu saya yang padat sekali, namun penggunaan kuota per harinya pun tidak pernah lebih dari 500mb. Belum lagi, selama saya menjalankan aktivitas pun selalu dalam jangka waktu unlimited yakni jam 1 malam sampai jam 5 sore. Sehingga, hal tersebut membuat saya lebih bisa menghemat kuota saya.

Dengan hanya 6 GB dan Unlimited AON, saya bisa seproduktif mungkin di masa pandemi ini. Bahkan menurut saya, ketika di masa pandemi ini, saya bisa menghabiskan waktu lebih banyak dalam berbagi dan menuntut ilmu. Terlebih, saya adalah mahasiswa dengan hobi menulis. Beberapa tulisan saya kemudian saya tuangkan melalui berbagai platform seperti halnya Kompasiana maupun Blogspot. Tanpa wifi dan hanya riset dari handphone saja, saya telah menerbitkan 28 tulisan di akun Kompasiana saya. 

Alhamdulillah, dengan produk AlwaysOn saya benar-benar bisa kalahkan jarak dengan menjadi penulis yang lebih produktif hingga kemudian mengantarkan saya menjadi salah satu diantara 30 penulis terbaik dalam event menulis di Kompasiana, dimana salah satu tulisan saya juga berkesempatan masuk sebagai artikel utama Kompasiana.

Pemberlakuan kebijakan dari langkah yang diberikan oleh kartu Tri benar-benar responsif. Saya sebagai pengguna lama kartu Tri, selalu mendapatkan produk terbarukan dan responsif, terutama AlwaysOn ini benar-benar murah dengan kualitas yang memang ada nyatanya. Saya akui, sebagai mahasiswa yang merasakan dampak Covid-19 ini dimana semua kegiatan diubah menjadi daring, sama sekali tidak ada hal yang membuat saya risau. 

Bahkan, sebagai pengguna internet pula, saya bersyukur bisa turut membagikan ilmu di akun Kompasiana saya dan tetap produktif. Jaringan 3 Indonesia tidak hanya membawa saya pada dunia nasional, namun juga internasional. Padahal, saya tinggal di daerah yang untuk browsing saja dikenal sudah sangat susah, namun dengan produk AlwaysOn yang diciptakan oleh kartu Tri, saya benar-benar mendapatkan begitu banyak ilmu dan kegiatan produktif yang semakin tinggi.

Saya begitu bersyukur sudah memilih menjadi pengguna kartu Tri sejak lama. Selain dari website yang selalu up to date, saya jadi mudah untuk mendapatkan informasi terbarukan. Terutama, di era covid-19 ini, kita tidak bisa menafikkan bahwa sebagai mahasiswa tentunya membutuhkan paket data yang ekonomis dengan kualitas paket data yang sesuai dengan harga. Kemudian hadirnya kebijakan produk AlwaysOn ini dengan hanya harga Rp. 60.000 dalam sebulan, saya bisa mengakses semua aplikasi baik itu zoom, google meeting, international course, pelatihan debat intensif, dan mengikuti beberapa kompetisi menulis online melalui Kompasiana. 

Hadirnya event ini juga merupakan salah satu bukti bahwa saya bisa #KalahkanJarak dengan menuntut ilmu melalui menulis dan paket data produk AlwaysOn sebagai penunjangnya. Saya akui, bahwa tulisan saya tidak akan pernah bisa berhasil jika tidak ada andil paket data internet yang bisa menjangkau semua daerah 3G maupun 4G sebagai penunjangnya, yang tidak lain dan tidak bukan, hal ini juga karena produk AlwaysOn yang dihadirkan oleh jaringan 3 Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun