Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Dua Hobi Ini yang Meredakan Stresku di Saat Pandemi

29 November 2020   20:30 Diperbarui: 29 November 2020   20:31 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (tinytribes via pixabay.com)

Sembilan bulan. Tak terasa hampir setahun kita menghadapi pandemi covid-19 yang sudah memorakporandakan tatanan kehidupan.

Waktu mengajar jadi berkurang karena ada beberapa les privat yang terpaksa off dulu dikarenakan alasan kesehatan yang sudah sepatutnya menjadi pertimbangan keselamatan.

Saya tidak menyalahkan beberapa orangtua murid les yang mengambil keputusan seperti itu, karena demi kesehatan, dengan berat hati mereka mengambil jalan itu.

Puji Tuhan, Tuhan memberikan sumber-sumber pendapatan lain. Ada yang meminta saya mengajar les putra-putri mereka yang tentu saja tidak saya tolak. Masa rezeki ditolak ^_^.

Namun kondisi sibuk dalam mengajar tidak lagi menyita sebagian besar waktu dalam sehari. Dibanding sebelum covid-19 muncul, pendapatan tergerus lumayan signifikan. Oleh karena itu, saya juga menjalani bisnis online.

Sembari menjalani bisnis online yang masih sepi pembeli karena hanya mengandalkan cara organik, belum memakai iklan facebook atau instagram, di waktu lowong saya kembali lagi ke dua hobi yang sebenarnya tetap saya lakukan di saat sebelum pandemi covid-19, tapi dikarenakan kesibukan mengajar dan berbisnis online, dua hobi ini sempat terabaikan.

Kelelahan. Itulah sebab utama. Apalagi kalau mengajar dari pagi sampai malam. Waktu untuk melakukan dua hobi ini jadi nyaris dikatakan "tidak ada".

Sekarang, di balik kesusahan, stres yang melanda karena pendapatan terdampak, ada hikmah yang bisa didapat. Saya bisa melakukan dua hobi ini tanpa hambatan.

Apa saja dua hobi saya itu?

Hobi #1- Menulis

Ilustrasi(Shutterstock via KOMPAS.COM)
Ilustrasi(Shutterstock via KOMPAS.COM)
Dulu saya biasa menulis di buku-buku kecil yang bisa saya taruh di saku kemeja atau celana. Dulu belum ada smartphone seperti sekarang. 

Setelah ada smartphone, saya pun beralih menulis di smartphone melalui aplikasi pengolah kata. Dulu saya menayangkan di blog-blog gratisan seperti di blogspot dan wordpress.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun