Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || http://english-itu-fun.blogspot.com/ || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || http://fingerstyleguitar1.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

3 "Peralatan Tempur" bagi Pelajar dan Mahasiswa Demi Kemampuan Berbahasa Inggris yang Excellent

11 Juli 2020   16:02 Diperbarui: 17 Juli 2020   11:58 1864 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 "Peralatan Tempur" bagi Pelajar dan Mahasiswa Demi Kemampuan Berbahasa Inggris yang Excellent
Ilustrasi belajar bahasa Inggris (Sumber: www.forbes.com)

Di masa pandemi covid-19, #studyathome mengajarkan pada pelajar dan mahasiswa untuk belajar secara mandiri di rumah. Yang biasanya tergantung pada guru dan dosen, sekarang mereka harus disiplin belajar di rumah, meskipun tidak ada pembelajaran di sekolah atau di kampus.

Dalam hal ini, saya ingin berbagi tentang belajar bahasa Inggris, baik untuk pelajar SD, SMP, dan SMA yang mempunyai mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah, maupun untuk mahasiswa di perguruan tinggi.

Seperti seorang prajurit yang harus memperlengkapi diri dengan peralatan tempur, kamu juga harus mempunyai "peralatan tempur" yang memadai demi mencapai kemampuan berbahasa Inggris yang "excellent".

Apa saja "peralatan tempur" yang harus dipenuhi?

Ada 3 "peralatan tempur" yang kamu harus penuhi.

1. Kamus bahasa Inggris

Kamus bahasa Inggris (Sumber Gambar: pixabay.com/stevepb)
Kamus bahasa Inggris (Sumber Gambar: pixabay.com/stevepb)

"Boleh pakai Google Translate, Pak?"

Kemudahan dalam klak-klik-klak-klik, scroll-scroll, layar ponsel pintar dalam melakukan berbagai hal, mulai dari mencari resep masakan, sampai mencari arti kata bahasa Inggris, meninabobokan kebanyakan dari kita.

Tak salah mencari informasi dari internet. Kecepatan adalah keniscayaan di zaman ini. Namun di sisi lain, budaya "instan" menggurita. Mencari segala sesuatu di buku fisik terkesan "old-fashioned".

Memang, saya juga menggunakan Google Translate, namun itu kebanyakan kalau saya berada di luar rumah. Di dalam rumah, saya menggunakan kamus fisik.

Kenapa saya masih menggunakan kamus fisik?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x