Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Apa Tujuan Utama Kamu Bermain Gitar dan Mengunggah Video Gitaran ke YouTube?

7 Mei 2020   20:55 Diperbarui: 7 Mei 2020   21:02 422
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang gadis bermain gitar (Sumber : pixabay.com/TheHilaryClark)

Pertanyaan di atas tercetus dari Dani (bukan nama sebenarnya), salah seorang teman yang mempertanyakan tujuan utama saya bermain gitar dan mengunggah video gitaran saya ke YouTube. 

Entah apakah saya pernah menuliskan tujuan saya di artikel lain atau belum, tapi kalaupun sudah, saya ingin lebih menegaskan dalam diri akan tujuan saya yang sebenarnya dalam hal bermain gitar dan mengunggah video gitaran ke YouTube. 

Supaya tidak ada orang yang salah persepsi akan motivasi saya dalam bermain gitar dan mengunggah video gitaran ke YouTube. 

Yang jelas, bukan untuk pamer atau mencari popularitas.

Ada tiga tujuan utama dalam hal ini. 

Tujuan Utama #1 - Untuk menghibur diri sendiri

Di saat #workfromhome, banyak hal yang tak bisa saya lakukan. Mengajar secara tatap muka, bertemu langsung, tak mungkin dilakukan. Tatap muka lewat video call bisa, namun tetap tidak bisa menggantikan pengajaran yang sebenarnya. 

Stress? Yah, bisa dibilang begitu, tapi mengeluh dan meratapi nasib bukan solusi. Tidak memecahkan masalah, dan tidak ada manfaatnya. 

Selain berserah kepada Tuhan, membaca kitab suci, berdoa, dan menulis; bermain gitar juga menjaga batin saya tetap waras.

Sebelum pandemi covid-19, sangatlah susah bagi saya untuk menyediakan waktu bermain gitar. Pagi, siang, dan malam selalu penuh terisi kegiatan. Jadwal mengajar padat. Puji Tuhan untuk itu. Pendapatan untuk hidup sehari-hari tercukupi. 

Sebenarnya bisa saja bermain di sela-sela waktu kosong antar peralihan jam mengajar, namun justru di saat-saat luang seperti itu hanya ada dua hal yang ada dalam pikiran. Pertama, istirahat. Kedua, membuat persiapan mengajar untuk jam berikut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun