Mohon tunggu...
Hs Hairil
Hs Hairil Mohon Tunggu... Institut Tinta Manuru

Hanya Penikmat yang menjadi candu, menulis bukan hiburan tapi kebutuhan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menikmati Indahnya Wisata Ramadhan di Kota Batam (Seri I)

15 April 2021   21:50 Diperbarui: 15 April 2021   23:28 330 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Indahnya Wisata Ramadhan di Kota Batam (Seri I)
foto ; Masjid Agung Batam (Sumber ; Bintantravel.co.id)

Bulan suci Ramadhan tak hanya jadi momen untuk menunaikan ibadah puasa namun juga berbagai tradisi khas lainnya. Salah satu kegiatan yang kerap dilakukan pada saat Ramadhan adalah menyusuri berbagai destinasi wisata religi. Selain bisa mengisi waktu ngabuburit, destinasi wisata religi Ramadan berikut juga bisa sekaligus menjadi tempat menunaikan ibadah di bulan Ramadan

Bulan Ramadhan disambut oleh antusiasme umat muslim yang luar biasa. Bulan yang hanya datang satu bulan dalam setahun ini memang penuh kemuliaan, sehingga tidak mengherankan jika persiapan Ramadhan dilakukan secara maksimal. Salah satu cara untuk menghidupkan bulan Ramadhan selain berpuasa adalah dengan melakukan wisata Ramadhan.

Ramadhan tahun 2021 ini terbilang suasananya masih hampir sama dengan tahun sebelumnya 2020. Hanya saja, himbauan serta aturan sudah di perboleh sholat berjamaah di masjid, makan sahur atau berbuka puasa di restoran, warung-warung makan atau di tempat publik lainnya harus beracuan pada protokol kesehatan (Jaga Jarak). Hai inilah yang membuat susana Puasa Ramadhan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang memang sama sekali tidak bisa berkumpul apalagi dengan imbawan tempat ibadah jangan di buka dulu selama pandemi covid19.

Meskipun begitu, tahun ini mendapat kelonggaran, mendapat sedikit kelegahan bisa berjamaah dengan standar jarak yang ditentukan di khusukan untuk wilayah/daerah yang bukan zona merah terpapar covid-19. Lalu bagaimana nasib umat muslim yang lain yang berada di zona merah? Apakah tetap tidak bisa melakukan sholat berjamaah, berkumpul untuk buka puasa atau sahur, atau mengikuti majelis ilmu dll?

Ketakutan negera memperketat segala bentuk pengawasan serta upaya menekan lonjaknya angka kasus covid-19 adalah cara negara ini menyelamatkan raknyatnya. Teman-teman semua sudah tentu tahu, alasan sebenarnya mengapa negera ini mempertegas beberapa poin aturan tentang berkerumunan dimasa pandemi ini. Sebelum lanjutkan sedikit hal menarik tentang menikmati indahnya wisata ramadhan di kota batam, saya ingin gambarkan sedikit hal tentang kota batam yang mungkin beberapa diantara kita belum mengetahuinya.

Kota Batam ini adalah salah satu kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Bukan berarti kota-kota lain di kepulauan riau adalah kota kecil. Kota-kota lain juga terbilang sebagai kota besar yang bisa dijadikan sebagai tujuan berlibur atau wisata kalian. Ini saya lebih focus certikan kota batam saja.

Untuk wilayah Kota Batam, kota batam ini terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang. Kalau temanteman yang sudah berkunjung ke batam tentunya tahu ikon jembatan di kota batam tepatnya di pulau galang. Jembatan ini di kenal sangat instagramable setiap orang yang berkunjung ke batam. Nama jembatan Barelang adalah gabungan dari nama Pulau Batam, Rempang dan Galang. 

Kalian pasti baru tahu kan dengan nama ini? 

Jembatan Barelang ini menghubungkan Pulau Batam, Rempang, dan Galang menjadi satu akses darat untuk menuju beberapa spot wisata terbaik di batam. Selain tiga pulau utama diatas, ada juga pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka

Pada profile kota batam, Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, pada tahun 2020 jumlah penduduk Batam mencapai 1.157.882 jiwa, ini termasuk angka yang luar biasa besar menurut kota seukuran batam ini. Jumlah penduduk yang sekian ini membuat batam menjadi terasa agak pada dan sama seperti kota besar lainnya di wilayah indonesia. Batam dengan kepadatan 1.206,13 jiwa/km. Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia semenjak 1970-an dibangun oleh Otorita Batam, orang lebih mengenalnya BP Batam. Kota yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau ini, memiliki luas wilayah daratan seluas 715 km, sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 1.575 km.

Kota Batam merupakan bagian dari kawasan khusus perdagangan bebas Batam--Bintan--Karimun (BBK). Industri di kota batam terbilang lumayan lah. Mempekerjakan banyak SDM meskipun bukan hanya SDM dari batam sendiri. Penduduk batam bukan hanya suku melayu saja, sudah terjadi percampuran karana Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis membuat banyak orang memilih batam sebagai tempat bekerja atau membangun bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x