Mohon tunggu...
Hairi Fadillah
Hairi Fadillah Mohon Tunggu... -

Seperti seharusnya

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Hobi dan Belenggu

13 Februari 2019   19:27 Diperbarui: 14 Februari 2019   21:43 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hobi merupakan separuh dari bagian hidupku yang membuat sebagian dari belengguku perlahan terlerai dan terlepas, karena disaat aku merasa terbelenggu dengan dunia yang fana ini, aku selalu mengharapkan hobiku bisa melepaskan belenggu itu. Aku selalu berjanji pada diriku sendiri bahwa hobi yang aku senangi takkan pernah aku tinggalkan dengan alasan apapun. Berbicara tentang hobi, aku punya tiga hobi utama yaitu bermain sepak bola, menonton konser musik, dan mendaki gunung.

     Hobi yang pertama yang saya senangi adalah bermain sepak bola. Hobi ini merupakan jatuh cintaku yang pertama setelah jatuh cinta kepada orang tuaku, karena hobi ini merupakan hobiku yang pertama kali kutemukan. Sepak bola mengajarkanku banyak hal, yaitu disiplin waktu,displin tenaga, melatih berkerja sama dengan tim, melatih mental bertanding, dan banyak hal lain lagi. Mungkin yang paling penting dari sepak bola adalah aku harus mengucapkan banyak terina kasih dan terus setia pada sepak bola. Saya selalu berharap sepak bola di Indonesia bisaterbebas dari politik, bisa melewati masa sulitnya dan lebih maju dari yang sekarang.

     Hobiku yang kedua yang selalu kusempatkan untuk melakukannya adalah menonton konser musik. Aku mulai suka dengan konser musik saat pertama kali ada konser musik slank di dekat tempat tinggalku, karena aku adalah seorang slankers pastinya aku takkan melewatkan konser itu. Setelah itu,banyak band terkenal Indonesia yang datang ke kotaku dan aku selalu datang menonton konser-konser itu. Di hobiku yang ini,aku punya sebuah impian yaitu bermimpi bisa nonton konser musik java jazz di jakarta nanti. Banyak juga hal yang kudapat dari hobiku yang satu ini terutama dapat banyak teman dan lain lain.

     Hobiku yang terakhir dan akhir-akhir ini sering kulakukan adalah mendaki gunung. Aku benar-benar merasa belengguku terbebas dan laraku menggema saat aku mendaki gunung. Kenapa? karena saat mendaki gunung banyak kudapatkan arti dalam perjalanan demi mencapai tujuan akhir yang diinginkan.

Disini juga aku mendapatkan banyak arti sebuah kekekalan alam. Alam tidak pernah menipu soal keindahan,tapi jangan pernah mengkhianati alam karena jika dia emosi dan menyuarakan laranya kita takkan bisa hidup tanpanya. Mendaki gunung bukan soal mencapai puncak tapi menemukan sebuah arti dalam proses perjalanan. Impian saya dihobi ini semoga gunung di Indonesia alamnya tetap terjaga dan semoga para pendaki di Indonesia bisa menciptakan rekor baru didunia.

     Jadikanlah hobi kalian menjadi hal yang bermanfaat dan carilah arti dalam sebuah hobi,karena disaat kita merasa terbelenggu dengan semua hal, aku yakin hobi kalian bisa melepaskan belenggu itu dan membuat kalian merasa menjadi lebih baik lagi serta berkaryalah bersama hobi kalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun