Mohon tunggu...
Hafizh Nursalam
Hafizh Nursalam Mohon Tunggu... Menulis untuk mengisi waktu luang

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Jurusana Keteknikan Pertanian, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

New Normal: Berikut Adalah Herbal Penambah Imun

20 Juli 2020   22:22 Diperbarui: 1 Agustus 2020   06:12 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
New Normal: Berikut Adalah Herbal Penambah Imun
Source: kompas.com

Seperti yang kita ketahui pandemi covid-19 yang disebabkan oleh virus corona, sudah sekitar setengah semester pandemi ini terjadi. Banyak hal yang harus dilakukan oleh orang-orang demi menjauhi diri dari tertularnya covid-19. Mulai dari berolahraga di rumah, meminum minuman penambah imun, memakai masker dan faceshield,  juga melakukan physical distancing atau social distancing.

Hal ini dilakukan bersamaan dengan segala protokol dan juga peraturan yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi terjadinya kasus positif korona.

Setelah beberapa bulan terjadinya pandemi ini pemerintah mulai menerapkan protokol New Normal, kegiatan yang awalnya dilakukan di rumah sekarang sudah mulai dilakukan secara normal namun harus tetap menjaga diri dari tertularnya covid-19. 

Banyak cara yang dapat dilakukan kita untuk mencegah tertularnya covid-19 kepada diri kita. Salah satunya adalah bisa dengan mengonsumsi rempah-rempah yang ada di sekitar kita.

Indonesia merupakan negara yang terletak pada sabuk tropis dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu kawasan dengan keragaman tumbuhan yang dapat dimanfaatkan bahkan dikonsumsi sebagai pengobatan alternatif.

Di seluruh penjuru bumi terdapat 40.000 tanaman yang dapat dijadikan obat, 30.000 diantaranya tersebar di Indonesia. 7.000 tanaman yang ada di Indonesia diantaranya telah diidentifikasi dan digunakan untuk kepentingan medis. Maka dari itu banyak orang yang menjuluki bahwa Indonesia merupakan "Negeri Tanaman Obat".

Tanaman yang telah dijadikan obat yang dapat dikonsumsi dalam dunia medis biasanya dapat menambah imun tubuh orang yang meminumnya. Salah satunya adalah empon-empon.

Empon-empon adalah rimpang (jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya) yang digunakan sebagai ramuan tradisional.

Empon-empon memiliki khasiat menambah imun tubuh sehingga membuat orang sulit untuk tertular virus apapun. Beberapa peneliti dari IPB (Institut Pertanian Bogor) yakin bahwa empon-empon bisa dijadikan salah satu alternatif dalam pengobatan covid-19. 

Tanaman atau tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai ramuan minuman banyak sekali di sekitar kita, bahkan tanpa perlu membeli di pasar atau bahkan supermarket.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x