Mohon tunggu...
Moh. Hadori
Moh. Hadori Mohon Tunggu... Jurnalis - Deewee Institute

Dimana bumi kita pijak, hidup manfaat luas

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Deretan Para Artis Masuk Parlemen: Apa Jadinya?

29 Februari 2024   23:40 Diperbarui: 29 Februari 2024   23:52 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rakyat Sipil/dokpri

Di berbagai belahan dunia, fenomena para artis yang memasuki dunia politik semakin menjadi sorotan. Tak terkecuali di Indonesia, di mana deretan artis yang terjun ke ranah parlemen semakin mencuat. Namun, apakah kehadiran mereka di parlemen membawa dampak positif?

Tren ini bukanlah hal baru. Sejak era Romawi kuno, para aktor dan penyanyi telah terlibat dalam politik. Di zaman modern, nama-nama seperti Ronald Reagan dan Arnold Schwarzenegger dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa artis dapat sukses di dunia politik.

Di Indonesia sendiri, para artis juga tak kalah menarik perhatian ketika terjun ke dunia politik, apalagi kita tahu bahwa mutakhir ini banyak deretan artis yang terjun ke dunia politik mulai dari yang menjadi anggota legislatif hingga yang menjadi kepala daerah, seperti bupati atau walikota. Dukungan publik terhadap mereka seringkali besar, terutama karena popularitas dan jangkauan yang dimilikinya.

Namun, kehadiran para artis di parlemen juga menuai pro dan kontra. Pendukungnya berargumen bahwa kehadiran mereka membawa nuansa segar dan representasi yang lebih luas bagi masyarakat. Salah satu dampak positif yang diharapkan adalah peningkatan partisipasi politik dari kalangan muda. Keterlibatan artis dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih aktif terlibat dalam urusan politik dan pemerintahan.

Selain itu, kehadiran mereka juga dapat memperkaya diskusi dan pemahaman akan berbagai isu yang dihadapi masyarakat. Di sisi lain, tidak sedikit pula masyarakat, politisi dan akademisi yang mengomentari dengan tanggapan negatif, sebagian dari mereka berpendapat bahwa kehadiran artis seringkali lebih didasarkan pada popularitas ketimbang kompetensi dan pemahaman akan isu-isu politik yang mendalam.

Melihat tantangan besar juga menanti para artis yang terjun ke dunia politik, mereka perlu membuktikan bahwa mereka tidak hanya memiliki popularitas, tetapi juga kompetensi dan dedikasi yang diperlukan untuk mewakili suara rakyat dengan baik. Selain itu, tekanan untuk memenuhi ekspektasi publik juga tidak dapat dihindari.

Kehadiran para artis di parlemen adalah fenomena yang menarik dan kontroversial. Sementara itu, dapat membawa nuansa segar dan meningkatkan partisipasi politik, mereka juga dihadapkan pada berbagai tantangan dan kritik. Yang jelas, keberhasilan mereka di panggung politik akan sangat ditentukan oleh dedikasi, kompetensi, dan integritas dalam melayani masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun