Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Pencerita. Pewawancara.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019 dan 2020. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Bikin Kejutan di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Mereka Jadi "Blow Up" Pemberitaan Media

5 September 2021   08:42 Diperbarui: 5 September 2021   18:02 521 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyerang Finlandia Teemu Pukki (10) membawa negaranya tampil apik di kualifikasi Piala Dunia 2022./Foto:AFP/ARIS MESSINIS 

Awal September 2021 ini menjadi periode pertandingan internasional. Pekannya pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Kompetisi Liga Eropa sejenak libur.

Tidak hanya negara-negara Eropa yang bernaung dalam bendera UEFA, lima konfederasi lainnya di masing-masing benua (AFC, CAF, OFC, Concacaf, dan Conmebol) semuanya memainkan laga kualifikasi. Sorotan terbesar ada di kualifikasi zona Eropa.

Tentu saja, perjuangan untuk lolos ke Piala Dunia menjadi cerita yang menarik untuk diberitakan media. Utamanya negara-negara yang punya tradisi kuat tampil di Piala Dunia. Mereka jadi news maker.

Termasuk juga negara-negara kecil yang tampil apik dan berpeluang tampil di Piala Dunia untuk kali pertama. Oleh media, pemberitaan tentang mereka di-blow up besar-besaran. Diledakkan beritanya.

Berkorelasi dengan judul tulisan ini, kata kejutan tidak selalu berkonotasi pada negara kecil yang penampilannya mengejutkan banyak orang. Tapi juga negara besar yang ternyata tampil di luar dugaan.

Berikut beberapa negara yang tampil mengejutkan di kualifikasi Piala Dunia 2022 sehingga beritanya bisa dengan mudah kita temukan di kolom pencarian Google.

Finlandia menatap peluang lolos Piala Dunia pertama

Sejak memainkan debut di pertandingan internasional pada 22 Oktober 1911 atau 110 tahun silam, Finlandia belum pernah merasakan tampil di Piala Dunia. Mereka hanya menjadi penggembira di babak kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Namun kini, Finlandia menatap Piala Dunia 2022 dengan percaya diri. Skuad The Eagle-owls punya punya peluang bagus lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama. Dari tiga pertandingan di kualifikasi, mereka belum terkalahkan.

Minggu (5/9) dini hari tadi, Finlandia menang 1-0 atas Kazakhstan di Helsinki. Sebelumnya, di laga perdana Maret 2021 silam, Finlandia bermain 2-2 dengan Bosnia Herzegovina dan menahan Ukraina 1-1 di Kyiv.

Itu membuat Finlandia ada di peringkat 2 di Grup D dengan raihan 5 poin. Mereka ada di bawah Prancis (9 poin). Nah, yang menarik, Finlandia kini baru memainkan 3 pertandingan. Sementara Prancis dan Ukraina (5 poin) sudah memainkan 5 laga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan