Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Jurnalis.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019, 2020, dan 2021. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Bank Ganesha dan 3 Prinsip Sukses yang Bisa Kita Teladani

27 Mei 2018   22:28 Diperbarui: 27 Mei 2018   22:43 674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Di usia 26 tahun, Bank Ganesha telah mendapatkan kepercayaan dari nasabah dan pengakuan berbagai pihak melalui banyaknya penghargaan yang diterima/Foto: Instagram Bank Ganesha

Pernahkah Anda mendengar ujaran "form is temporary, class is permanent"? Ujaran ini cukup terkenal di sepak bola untuk menggambarkan kualitas paten sebuah klub. Maknanya kurang lebih, bila kinerja buruk bisa dikritik dan kinerja seadanya bisa diperdebatkan, maka kualitas paten (kelas), seperti apapun situasinya memang demikianlah adanya.

Bila dianalogikan dengan perjalanan bank yang telah berhasil melewati banyak gejolak dan tantangan ekonomi makro selama lebih dari 25 tahun, bank tersebut tentunya sudah masuk dalam kategori "class permanent". Kualitasnya yang tercermin dalam reputasi dan pelayanan kepada nasabah, tidak perlu diragukan.

Siklus itu yang telah dilalui oleh Bank Ganesha yang pada 30 April 2018 lalu genap berusia 26 tahun. Di era kekinian, usia 26 tahun merupakan usia cerdas yang punya semangat besar untuk merealisasi target yang ingin dicapai, terbuka untuk membangun relasi dengan banyak pihak, serta up to date dengan perubahan zaman yang serba digital.

Karakter itupula yang ada pada Bank Ganesha. Karakter positif yang selain membuat Bank Ganesha dipercaya oleh nasabah setinya selama 26 tahun, juga bisa menginspirasi banyak orang untuk menjadi lebih sukses.

Berikan Pelayanan Optimal, Kepercayaan dan Reward akan Muncul dengan Sendirinya

Ketika Bank Ganesha berdiri sejak tahun 1990 dan mulai beroperasi sejak tanggal 30 April 1992 silam, rasanya mereka belum terpikir menargetkan meraih penghargaan. Target prioritasnya adalah menjadi bank terbaik di kelasnya dengan menyediakan produk yang handal dan inovatif melalui pelayanan prima.

Bank Ganesha ingin memenuhi kebutuhan para nasabah melalui pelayanan yang kompetitif, penghimpunan dana masyarakat dalam bentuk deposito, giro dan tabungan, serta menyalurkan kredit pada segmen komersial, SME dan Korporasi. Sejalan dengan itu, Bank Ganesha konsisten mengembangkan beragam produk dan layanan perbankan yang inovatif serta memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah setianya selama bertahun-tahun.

Contohnya untuk tabungan, Bank Ganesha memiliki beragam varian tabungan yang memberi banyak manfaat bagi nasabah. Jenis tabungan di Bank Ganesha ada Tabungan Ganesha, Tabungan Ganesha Optima, Ganesha Dollar, Ganesha Investasi, Ganesha Payroll, Ganesha, Tabunganku, Tabungan Ganesha MAPCLUB, Tabungan Ganesha SavingPlus dan Deposito Ganesha.

Kelebihan lainnya, Bank Ganesha memiliki pelayanan anjungan tunai mandiri (ATM) yang mengedepankan kepraktisan, kecepatan, kemudahan bertransaksi. Layanan ATM Bank Ganesha memiliki nilai plus untuk penarikan tunai, transfer antar bank, informasi saldo, ganti pin atau pindah buku. Dan untuk transaksi transfer antar bank lain, nasabah bisa melakukannya tanpa harus datang ke bank. Nasabah juga mendapatkan kemudahan dalam melakukan penarikan uang tunai dan transaksi transfer antar bank dan atau info saldo lebih cepat dan aman selama 24 jam dengan fasilitas melalui jaringan ATM Ganesha dan lebih dari 68.000 ATM BERSAMA.

Tak hanya urusan perbankan, Bank Ganesha juga memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk menunjang gaya hidup zaman now yang tanpa ribet melalui layanan pengiriman mata uang asing, pembayaran pajak, pembayaran tagihan telepon, hingga pembayaran tagihan listrik. Semisal untuk pembayaran tagihan listrik untuk nasabah dan non nasabah, dapat dilakukan secara online realtime dan dapat dilakukan melalui Counter Teller (tunai dan debet rekening), Autodebet.

Bank Ganesha juga memiliki tiga fitur pinjaman. Ada Kredit Penghasilan Tetap (KPT), kredit tanpa anggunan untuk memenuhi segala kebutuhan/gaya hidup maupun perusahaan mitra BANK GANESHA. Semisal keperluan pernikahan, sekolah, kuliah, traveling, wisata rohani, rawat inap rumah sakit (berobat), melahirkan atau khitanan.

Bank Ganesha memahami kebutuhan generasi milenial/Foto: Instagram Bank Ganesha
Bank Ganesha memahami kebutuhan generasi milenial/Foto: Instagram Bank Ganesha
Untuk nasabah yang ingin memiliki mobil idaman, bisa memanfaatkan Kredit Kepemilikan Mobil. Dan bagi pasangan muda yang ingin memiliki hunian, bisa memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah dengan angsuran yang fleksibel.

Tidak hanya menyediakan layanan yang memanjakan nasabahnya, Bank Ganesha kini juga semakin dekat dengan nasabahnya. Demi meningkatkan pelayanan agar ebih optimal, Bank Ganesha berupaya untuk terus menambah jaringan. Sampai dengan tahun 2017, Bank Ganesha telah memiliki jaringan kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Medan.

Atas kinerja optimal tersebut, Bank Ganesha mendapatkan izin dari Lembaga Pejamin Simpanan (LPS). Dan ini membuat nasabah semakin yakin bahwa hartanya baik dalam bentuk tabungan, giro, deposito maupun transaksi lain akan tetap aman.

Dan, kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Pelayanan optimal Bank Ganesha berbuah penghargaan demi penghargaan yang menjadi bukti kepercayaan dari banyak pihak yang tentunya diukur secara professional dengan standar data yang terukur. 

Merujuk pada data di www.bankganesha.co.id, ada begitu banyak penghargaan yang telah diraih Bank Ganesha. Salah satunya Penganugerahan Sertifikasi Standar Mutu ISO yang disertifikasi oleh TCL, JAS-ANZ, IAF dan PAC. Standart Mutu ISO merupakan standar internasional di berbagai bidang, salah satunya perbankan. Dengan dianugerahi Sertifikasi Standar Mutu ISO, maka kinerja internal Bank Ganesha telah diakui profesionalitasnya.

Semua pencapaian dan pengakuan dari banyak pihak itu kiranya telah menjadikan Bank Ganesha sebagai bank yang punya reputasi terpercaya dan bisa menjadi rujukan prioritas bagi calon nasabah dalam urusan perbankan.

Jangan Takut Perubahan, Jawab Perubahan Zaman dengan Terus Berinovasi

Hidup itu ibarat mengayuh sepeda. Untuk bisa seimbang, roda harus terus dikayuh. Berhenti mengayuh berarti jatuh. Dunia perbankan pun begitu. Demografi dan perilaku nasabah telah berubah. Nasabah kini mengharapkan kemudahan dan otomatisas dalam beraktifitas, pemanfaatan big data dan sebagainya. Ini tantangan bagi bank untuk terus "mengayuh sepeda" dengan memunculkan inovasi.

Aplikasi Bangga, buti Bank Ganesha bisa menjawab perubahan zaman dengan terus berinovasi?foto Instagram Bank Ganesha
Aplikasi Bangga, buti Bank Ganesha bisa menjawab perubahan zaman dengan terus berinovasi?foto Instagram Bank Ganesha
Pada 3 April 2018 lalu, Bank Ganesha meluncurkan aplikasi layanan mobile banking dengan branding "BANGGA". Seperti makna kata bangga, aplikasi BANGGA menjadi solusi inovatif dan kreatif dari Bank Ganesha untuk menjawab harapan nasabahnya yang ingin melakukan aktifitas keuangan dengan mudah, di manapun dan kapanpun.

Nasabah kini dapat melakukan banyak kemudahan aktifitas keuangan dan non keuangan. Aplikasi BANGGA menghubungkan nasabah ke layanan eMoney Bank Ganesha yaitu G-Money sehingga nasabah dan calon nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi belanja hingga tarik tunai. Peluncuran aplikasi BANGGA juga langkah strategis Bank Ganesha untuk mencapai aspirasi menjadi Everyday Bank pada tahun 2020.

Selain itu, merujuk pada pentingnya suplai informasi kepada nasabah terkait layanan dan inovasi, Bank Ganesha mengubah situs web menjadi agresif pada pemasaran digital di platform media sosial. Salah satunya akun Instagram @bankganesha yang hampir setiap hari memposting berbagai informasi terkait layanan Bank Ganesha dengan bahasa ngepop yang mudah dipahami generasi milenial.

Ya, zaman akan terus berubah. Bahkan, satu-satunya yang konstan adalah perubahan. Dan, bagi Bank Ganesha, perubahan tidak perlu dikhawatirkan, tetapi sebuah tantangan yang perlu dijawab demi satu tujuan: kepuasan nasabah.

Jangan Sukses Sendirian, Bermanfaatlah untuk Sesamamu

Keberhasilan Bank Ganesha dari awal berdiri hingga mendapat kepercayaan nasabah dan penghargaan dari berbagai pihak seperti sekarang, selain karena pelayanan optimal dan juga inovasi tiada henti demi kepuasan nasabah, juga ada prinsip lain yang diterapkan. Prinsip itu yakni berbagi dan peduli pada sesama.   

Bank Ganesha tidak hanya sekadar mengejar profit, tetapi juga memberikan nilai kemanfaatan bagi sesama dan lingkungan sekitar perusahaan. Bentuk kebermanfaatan Bank Ganesha terhadap sesama diwujudkan dengan penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) alias tanggung jawab sosial perusahaan. Bentuk realisasi CSR ini diantaranya mengadakan kegiatan donor darah, memberikan bantuan hewan qurban kepada masyarakat yang berada di sekitar kantor pusat. Dan di bulan Ramadan seperti sekarang, Bank Ganesha juga menyelenggarakan kegiatan berbuka puasa bersama seluruh karyawan dalam rangka meningkatkan tali silaturrahmi antar karyawan dan manajemen.   

Ada banyak orang yang telah merasakan kemanfaatan dari CSR Bank Ganesha. Dan, tidak ada yang tahu bila orang-orang yang mendapatkan bantuan dari CSR Bank Ganesha tersebut lantas memanjatkan doa-doa baik untuk Bank Ganesha. Dan tanpa disadari, doa-doa itulah yang ikut menjadi kekuatan dalam menopang sukses Bank Ganesha hingga seperti sekarang. Salam insipiratif dari Bank Ganesha.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun