Mohon tunggu...
Abdul Ghofar
Abdul Ghofar Mohon Tunggu... Operator - Menulis mengisi waktu mengungkap rasa

Santai

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Harga Telur Ayam Ras Turun

2 Oktober 2023   18:24 Diperbarui: 2 Oktober 2023   18:28 561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Harga Telur ayam/Dokpri

Sore-sore saya membaca pesan WA dari istri di ujung sana, " Sedih ges, Harga telur ayam turun terus ges."  Saya tanya balik," Kok bisa memang berapa harganya sekarang?" Dibalas " Harga Rp 23.000 sekarang, kalau turun terus jadi sedih nih."

Tidak lama setelah chatt-chatt saya coba mencari informasi tentang harga telur ayam ras per hari itu, dan memang informasi yang saya dapat dari aplikasi pinsar harga perkilo gram telur ayam ras mengalami penurunan, bahkan harga hari itu saja para pemilik ayam petelur sudah rugi.

Perhari ini saya punya 485 ekor ayam yang tadinya 500 ekor, sudah mati 15 ekor dan hari ini ada beberapa ekor yang dalam perawatan, sakit lumpuh.

Perhari ini hasil telurnya 90% artinya setiap hari kandang saya mampu menghasilkan kurang lebih 436 butir telur ayam. Rata-rata perkilo adalah antara 16 sampai 17 butir telur. 

Kalau 436 butir telur dibagi 16 maka dalam sehari kandang saya mampu menghasilkan 27 kilogram telur ayam.

Kalau mengikuti harga diatas, maka 27 kg dikalikan Rp. 22.500 menjadi Rp. 607.500 perhari.

Ayam-ayam saya sudah menginjak usia satu tahun dikandang, kebutuhan pakan perhari kurang lebih 140 gram perekor ayam perhari, berarti perhari saya harus menyiapkan 140 gram dikali 485 ekor ayam. Jadi kurang lebih 67,9 kg pakan sehari. Kalau harga pakan Rp 7000 perkilo maka biaya pakan perhari adalah RP 475.300

Belum dikurangi biaya listrik dan yang bekerja maka hasil sehari adalah Rp 607.500 dikurangi Rp 475.300 menjadi Rp 132.200

Angka 132.200 rupiah itu belum biaya listrik dan ongkos yang bekerja, belum lagi yang harus disisihkan untuk biaya balik modal awal investasi pullet dan kandang.

Kalau harga terus bertahan seperti sekarang atau bahkan lebih turun dari harga tersebut, bisa dipastikan akan banyak peternak ayam petelur yang akan gulung tikar seperti waktu hantaman harga tahun lalu yang mencapai Rp 19.000 perkilogram.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun