Mohon tunggu...
Abdul Ghofar
Abdul Ghofar Mohon Tunggu... Operator - Menulis mengisi waktu mengungkap rasa

Santai

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Long Black atau Americano

27 September 2023   02:28 Diperbarui: 27 September 2023   02:31 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kopi Hitam koleksi pribadi

Long black atau americano pak?. 

Pertanyaan itu selalu muncul ketika saya memesan kopi di kedai, maklum saya tidak terlalu penggemar yang berasa.

Baca juga: Segelas Kopi Pahit

Kesukaan saya ya kopi hitam, bahkan kalau dirumah kalau tidak difilter ya bikinnya cuma kopi tubruk.

Dan yang sering saya pesan sih sebenarnya americano, 

Seiring berjalannya waktu kadang saya pilih long black, 

Kadang saya berusaha untuk membedakan rasa keduanya, tetapi karena ngopinya tidak secara bersamaan sehingga lupa lagi perbedaan keduanya.

Baca juga: Arabika dan Robusta

Sekilas sih terasa sama, hanya yang membedakan setiap kedai kopi yang bernama mereka mempunyai ciri khas after taste nya.

Kalau dalam perjalanan, ketika lelah nyupir saya lebih suka minum kopi di kedai yang ada disalah satu brand minimarket yang sudah terkenal namaya.

Dan kedai itu yang saya amati hanya buka di brand minimarket itu saja, tidak di yang lainnya.

Kadang pesan americano kadang pesan long black, yang penting kopi hitam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun