Mohon tunggu...
Kraeng Guido
Kraeng Guido Mohon Tunggu... Petani Cengkeh
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pembudidaya Tanaman Cengkeh | Senang dengar lagu band Jamrud, Padi dan Boomerang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menilik Karya Misi Pater Allan Nasraya: Memperkenalkan Injil dan Menjadi Pelayan Umat

2 Juni 2019   23:07 Diperbarui: 6 Juni 2019   13:13 0 13 3 Mohon Tunggu...
Menilik Karya Misi Pater Allan Nasraya: Memperkenalkan Injil dan Menjadi Pelayan Umat
Foto Pater Allan saat diawal pelayanannya di Paromi Pacar (dok. Pater Allan)

"Tak ada cara yang lebih manusiawi untuk memenangkan hati setiap manusia, selain perhatian, cinta dan keramahtamahan"(P. Allan Nasraya. SVD)

Pater Allan Nasraya kelahiran Dublin Irlandia 7 Maret 1948 ini adalah salah satu misionaris Societas Verbi Divini (SVD) yang pernah berkarya di Pacar Manggarai Barat- Flores.

Setelah penyerahan daerah misi pada awal tahun 1970an, Pater Allan mulai menata reksa wilayah. Di Pacar, Ia mulai berkenalan dan menjalin persahabatan dengan para tetua adat dan sejumlah masyarakat. Beliau juga mulai belajar bahasa Manggarai dan juga bahasa Melayu sebagai dasar komunikasi dengan masyarakat lokal.

Pater Allan segera memetakan daerah-daerah misi serta melakukan lawatan rutin kesejumlah tempat. Diawal pelayanannya Saat itu, Pater Allan meletakan dasar yang kokoh dalam karya misi melalui pendekatan antropologis. Beliau berhasil menciptakan "rasa memiliki" masyarakat Pacar terhadap iman Katolik. Jauh sebelum itu  masyarakat setempat masih berkepercayaan animisme.

Iman katolik pun mendapat tempat dan berkembang pesat di Manggarai bagian selatan. Dengan didukung piranti-piranti misi yang efektif, seperti Gereja, sekolah, katekese umat, pembangunan infrastruktur, dan pertukangan yang disokong keterampilan para pemuda.

Kehadiran Pater Allan dari kongregasi misonaris Societas Verbi Divini tersebut tentu merupakan berkat dan rahmat yang besar bagi masyarakat Pacar dan Manggarai pada umumnya. Kendati demikian beliau tidak hanya menyebarkan agama melalui pelayanan ibadah Gereja sebagai pastor, tetapi juga sebagai pelayanan dalam hal mendidik dan melatih masyarakat Manggarai melalui pembukaan gedung sekolah, kursus-kursus pertukangan dan kursus pertanian/perkebunan dan lain sebagainya.

Pada tahun 1972 Pater Allan berhasil mendirikan sebuah Gereja di Pacar, dan menjadi Pastor Paroki pertama di Gereja St. Nikolaus Pacar. Tidak hanya Gereja, Ia juga mendirikan sekolah Bansang, setingakat sokolah dasar.

Gereja yang didirikan oleh P. Allan (albertusgregory.blogspot.com)
Gereja yang didirikan oleh P. Allan (albertusgregory.blogspot.com)

Membangun Gereja sebagai perwujudan satu keutuhan keluarga Allah, membangun jembatan-jembatan perbedaan, sehingga cita-cita menggerejawi dapat diwujudkan dengan baik didalam Paroki ini-(Pater Allan)

Misionaris Societas Verbi Divini pada konteks Manggarai, merupakan suatu bentuk usaha yang berhasil yang dilakukan oleh Pater Allan selaku imam yang dipanggil untuk ditugaskan sebagai penyebar agama, karena ketika itu Pater Allan langsung melakukan pemetahan wilayah kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN