Mohon tunggu...
Guido Arisso
Guido Arisso Mohon Tunggu... pekebun cengkeh

_

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sopi dan Tuak, Miras Lokal yang Sedap dan Menyehatkan

3 Maret 2021   22:20 Diperbarui: 4 Maret 2021   09:33 1270 49 30 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sopi dan Tuak, Miras Lokal yang Sedap dan Menyehatkan
Sopi/Tuak Manggarai, Flores. Diolah dari Canva (dokpri)

Awal bulan Maret ini, kita bicara lagi soal minuman keras (miras). Dan sebelum melanjutkan tulisan ini, perkenankan saya untuk meneggak segelas sopi dulu. Biar semangat saja nulisnya.

O ya, tulisan ini juga tidak ada relevansinya dengan diskursus RUU Minol dan investasi miras yang heboh nggak karuan belakangan ini ya. 

Kalaupun akhirnya kedua hal itu menemui jalan buntu/batal diberlakukan, ya, nggak bakalan ngaruh juga sih pada tingkat produksi miras di tengah pengrajin lokal berikut tetap akan di perjual belikan juga.

Adapun miras lokal yang dihasilkan oleh pengrajin di tempat saya, Flores, yakni tuak dan sopi. Masing-masing miras ini terdapat kandungan alkohol 20 sampai 40 persen.

Sampai saat ini, kedua minuman ini masih diolah secara tradisional dan tanpa dicampuri dengan zat atau senyawa lain. Pokoknya sueedap pisan dan no-oplosan, sob!

Lebih lanjut, tak bisa dimungkiri lagi, bahwa tuak dan sopi telah lama menjadi bagian dari kehidupan orang Flores. Dari generasi awal, nenek moyang, proses pembuatan miras lokal ini terus menurus diwariskan seiring lintas generasi, sampai saat ini.

Dan di dalam komunitas adat, misalnya, tuak dan sopi memiliki peranan penting dalam menyukseskan upacara-upacara dan/atau pelaksanaan ritual adat.

Begitu juga fungsi tuak dan sopi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya. Tuak dan sopi hadir sebagai simbol keakraban, penghormatan, untuk mengawali diskusi penting, meminta maaf, mensyukuri kehidupan, memaknai kematian, menerima tamu dan lain sebagainya.

Jadi, nggak usah kaget saja misalnya sewaktu-waktu basodara dong (dari luar pulau) bertamu ke rumah orang Flores. Pasti di sana kamu akan ditawari tuak oleh tuan rumah, selain disuguhkan Kopi Flores yang aromanya menampar bulu hidung, tentu saja.

Mengenal tuak dan sopi

Tuak dan sopi merupakan produk miras lokal yang dihasilkan dari penyulingan air pohon nira/aren. Proses pembuatan hingga jadi tuak dan sopi tidaklah gampang dan/atau cukup rumit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN