Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Berbagai Jenis Rumusan Masalah Beserta Contohnya Masing-Masing!

1 Desember 2022   15:00 Diperbarui: 1 Desember 2022   15:08 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumusan masalah merupakan tulisan singkat yang berisikan pertanyaan yang ada pada karya tulis ilmiah. Adapun letak rumusan masalah pada karya ilmiah terletak pada bagian awal di dalam laporan penelitian.

Rumusan masalah adalah bagian terpenting dalam sebuah penelitian. Rumusan masalah memiliki fungsi sebagai pedoman dari sebuah penelitian, sehingga, dalam membuat rumusan masalah tidak boleh sembarangan. Selain itu, penulisannya harus disesuaikan dengan judul serta topik yang dibahas di dalam laporan ilmiah tersebut.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk memahami serta mengetahui sistematika dalam penulisan karya ilmiah, terutama pada bagian rumusan masalah.

Rumusan masalah sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis rumusan masalah beserta contoh rumusan masalah di setiap jenisnya.

Jenis-Jenis Rumusan Masalah beserta Contoh Rumusan Masalah

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

1. Rumusan masalah deskriptif

Rumusan masalah deskriptif adalah jenis rumusan masalah pada penelitian yang berhubungan dengan variabel mandiri. Rumusan masalah jenis ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan masalah apa yang nantinya akan diselesaikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan.

Dalam penelitian ini, peneliti tidak membuat variabel pada sampel yang lainnya dan mencari hubungan variabel itu dengan variabel lainnya.Β 

Contoh rumusan masalah jenis ini adalah jika ingin meneliti suatu tingkatan nyeri pada pasien fraktur femur yang dirawat di sebuah rumah sakit J, maka bentuk rumusan masalahnya adalah seperti berikut ini:

Bagaimana tingkatan nyeri yang dirasakan pada pasien dengan fraktur femur yang sedang di rawat di rumah sakit J?

Dari contoh di atas bisa terlihat bahwa setiap pertanyaan penelitian berkenaan dengan satu variabel atau lebih secara mandiri.

2. Rumusan masalah komparatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun