Mohon tunggu...
Grace Paramitha
Grace Paramitha Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hi! Selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengenal Jurnalisme Multimedia dan Elemen Multimedia

23 Februari 2021   16:13 Diperbarui: 23 Februari 2021   16:30 137 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Jurnalisme Multimedia dan Elemen Multimedia
www.elmhurst.edu

Kehidupan manusia tentunya berhubungan erat dengan informasi. Setiap harinya, Anda selalu membutuhkan adanya informasi, bukan?

Saat membeli suatu produk makanan, Anda akan membaca tulisan yang tercantum di kemasannya untuk mencari informasi mengenai produk tersebut. Anda juga akan menonton televisi, membaca koran atau mendengarkan radio untuk mencari informasi yang terjadi kemarin, hari ini, atau rencana untuk esok hari.

Saat ini, di tahun 2021, informasi sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah. Terlebih dengan adanya smartphone, hanya dengan membuka satu aplikasi atau menekan suatu link, Anda sudah bisa mendapatkan informasi yang Anda inginkan.

Banyak orang, mungkin termasuk Anda, lebih menyukai mencari informasi di internet menggunakan smartphone dibandingkan membaca koran, menonton televisi, atau mendengarkan radio.

Sama halnya dengan media informasi yang semakin dinamis, cara penyajian informasi juga semakin dinamis. Jurnalisme sudah semakin berkembang yang semula hanya jurnalisme online menjadi jurnalisme multimedia.

Deuze, M (2004) dalam jurnal artikelnya yang berjudul "What is Multimedia Journalism?" membahas mengenai pengertian jurnalisme multimedia dan elemen-elemen dalam logika multimedia.

Jurnalisme Multimedia

Pengertian multimedia dalam jurnalistik dapat dijelaskan melalui dua cara.

Pertama, jurnalisme multimedia berarti menyajikan berita dalam bentuk paket melalui sebuah website dengan menggunakan dua format media atau lebih, seperti tulisan, audio, video, gambar diam dan gambar bergerak (gif), animasi grafis, hipertekstual dan elemen interaktif lainnya.

Kedua, jurnalisme multimedia dapat juga diartikan sebagai penyajian paket berita yang terintegrasi melalui media yang berbeda, seperti situs website, e-mail, radio, televisi, koran dan majalah cetak.

Penting untuk diketahui juga, memproduksi berita multimedia yang ideal berarti harus mampu membuat "paket" cerita daripada repurposing cerita tunggal dalam berbagai format.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN