Mohon tunggu...
Grace Evanda
Grace Evanda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Atmajaya Yogyakarta

Mencoba menulis

Selanjutnya

Tutup

Media

Jurnalisme Online dalam Pembentukan Stigma di Masyarakat Mengenai LGBT

23 Oktober 2020   19:27 Diperbarui: 26 Oktober 2020   00:09 162 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jurnalisme Online dalam Pembentukan Stigma di Masyarakat Mengenai LGBT
Source: https://news.okezone.com/read/2016/01/28/65/1299330/media-harus-jeli-beritakan-isu-lgbt

Pada tahun 2018 lalu, ada salah satu mata kuliah yang mengharuskan saya bersama kelompok untuk mewawancarai seorang Waria.

Beliau mengungkapkan bahwa seringkali kecewa dengan pemberitaan soal LGBT yang beredar di internet karena pada akhirnya pemberitaan-pemberitan tersebut dapat lebih meningkatkan stigma buruk tentang LGBT di masyarakat.

Oleh karena itu, saya tertarik untuk membahas soal bagaimana sih peran jurnalisme online dalam membentuk stigma di masyarakat tentang LGBT?

Di era digital saat ini sudah bukan hal baru lagi untuk melihat sebuah fenomena di masyarakat secara tidak langsung.

Kita tidak lagi harus menghabiskan waktu ataupun tenaga terlalu banyak untuk melihat dan menyaksikan perubahan yang ada di lingkungan. Kita dapat melihat apa yang ada di dunia yang begitu luas ini dengan kemunculan jurnalisme online.

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, yuk kita cari tahu dulu apa sih jurnalisme online itu? Menurut Widodo (2020, h.21), jurnalisme online ialah suatu aktivitas untuk menerima informasi menggunakan internet.

Produksi konten pada jurnalisme online, seperti video, audio, dan teks dapat disebarluaskan melalui World Wide Web.

Kamu juga bisa mengaksesnya dengan membuka portal-portal berita online, seperti tribunnews.com, viva.co.id, kompas.com, dan lain sebagainya.

Fenomena kemunculan jurnalisme online ini menjadi alternatif yang dianggap sangat penting dalam keseharian hidup manusia, mulai dari sekedar untuk mencari tahu perkembangan berita terkini atau sarana untuk mendapatkan hiburan.

Sudah tak dapat dielakkan lagi bahwa saat ini, pemberitaan yang ada pada jurnalisme online telah berperan banyak dalam membentuk, menggambarkan, dan menjelaskan kehidupan sosial di sekitar kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan