Mohon tunggu...
Gora Indiraja Shafa
Gora Indiraja Shafa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Amatiran yang masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Good Start Bad End, Kenapa Sih?

14 Juli 2019   23:29 Diperbarui: 19 Juli 2019   19:21 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.flickr.com/photos/proimos/


Kadang, kita merasa kalo apa yang kita jalanin selama ini semuanya nihil, gak membuahkan hasil, percuma, sia-sia. Ya, gue juga pernah merasakan hal yang sama dan bahkan sampai sekarang pun kadang terjadi--padahal kita udah mengeluarkan sepenuh tenaga, jiwa, raga dan fikiran kita dalam apa yang sedang dijalankan. 

Pernah terjadi waktu itu pada saat gue les TOEFL di salah satu lembaga bahasa inggris ternama, gue join dengan tujuan mendapatkan hasil TOEFL yang bagus di PBT (paper based test) dan juga iBT (internet based test) yang bisa digunakan pada saat kuliah nanti, syukur-syukur kalo ada beasiswa yang requirement-nya sebatas score TOEFL serta tes lainnya--dengan harapan mendapatkan hasil yang bagus, juga semakin pintar dalam mengaplikasikan materi tersebut kedepannya.

Gue mengawali hari pertama les dengan penuh semangat akan ilmu yang bakal diterima nantinya pada saat les. Pakaian rapih dan modis, gak lupa pake Parfum Police Rebel yang wanginya hmm... cukup manly, lalu panasin mobil, langsung deh caw ke tempat les. In the first day memang materi mudah diterima dan dasar banget, gue pun makin semangat dan konsisten sama tujuan gue ini. 

Hari demi hari gue lewatin, materi pun makin lama makin berat. Gak cuman itu aja, karena gue pun kegiatannya cuman les dan masih ada tugas diluar les yang harus diselesaikan, itu pun padahal udah secepatnya dan sebisa mungkin nggak mengganggu kegiatan les gue, udah bela-belain sepulang sekolah langsung selesain tugas-tugas dulu biar ga ganggu kegiatan lainnya termasuk les. Tapi pada akhirnya les TOEFL gue pun keteteran, keteteran dalam me-review materi yang udah gue pelajarin, dan kurangnya waktu untuk memaksimalkan belajar materinya, and finally... semua kerjaan gue kena imbasnya, though i tried hard to make the things right, still, i get this.

Satu semester berlalu dan akhirnya tiba di penghujung pembelajaran, saatnya tes, melihat hasil belajar gue selama satu semester ini di tempat les ini. Diawali dengan Bismillah dan diakhiri dengan Alhamdulillah akhirnya gue telah melewati ke-chaos-an yang telah terjadi selama ini dan gue rasa kayaknya akan terlalu panjang kalo diceritain secara keseluruhan dan mendetil hehehe... dan gue tinggal tunggu hasil tes-nya aja.

Setelah tes selesai gue nggak langsung pulang, kebiasaan yang menurut gue hampir setiap orang rasakan adalah ngebahas soal sehabis ujian, ya, gue ngebahas dulu soal yang udah gue kerjain saat tes tadi bareng temen-temen yang tes juga. Ada temen-temen yang nyesel juga karena jawabannya salah pas dibahas, ada juga yang pasrah aja sama tuhan deh pokoknya, yup, gue merasakan dua hal itu. Gak lama kemudian kita semua saling berpisah dan berarap ketemu lagi satu sama lainnya di suatu hari nanti, entah kapan, mungkin di alam barzakh, atau bahkan di surga kali... amin.

Di perjalanan pulang gue merasakan penyesalan akan sebuah sesuatu yang nggak mungkin bisa di perbaiki lagi, diputar ulang untuk diperbaiki. Nggak, nggak bisa... kenapa gue tidak bisa memaksimalkan kinerja gue pada saat tes tadi? gue terlihat pelongo saat mengerjakan soal tes TOEFL yang udah gue kerjain padahal gue udah berusaha keras banget buat belajar dan masukin semua materi ke otak gue dari jauh-jauh hari, tapi bukan berarti nggak bisa kerjain soalnya, cuman ada keraguan di beberapa soal saat mau jawab. Terlebih di bagian listening yang harus banget maksimalin fungsi kuping gue... gila... bisa samar-samar gitu antara kata-kata satu sama lainnya, kenapa gue gak bisa fokus? gue udah berusaha keras selama ini, bener bener penuh penyesalan di hari itu karena merasa kinerja gue kurang karena gue yang rasain sendiri. perasaan gue bener-bener guilty, di satu sisi seneng karena les dan tes udah kelar, di sisi lainnya merasa stress karena masalah yang gue ceritain tadi.

Sebulan kemudian akhirnya hasil skor tes TOEFL udah bisa diambil di tempat les-nya, gue segera berangat ke TKP setelah pulang sekolah karena saking penasarannya sama hasil tes TOEFL gue sebulan yang lalu.Yeah, i already know the result, as i expected right after the test finished, gue mendapatkan skor tes PBT sebesar 510 dan skor tes iBT sebesar 491, padahal yang bakal useful itu iBT. Gue kecewa berat sama hasil belajar gue selama satu semester ini kaya nggak ada gunanya. I started to blame myself, tapi gue tau gue ga bisa terus-terusan menyalahkan diri gue dan akhirnya gue memutuskan untuk memberi diri waktu untuk menenangkan diri dan berpikir jernih. Terus-terusan menyalahkan diri sendiri itu sama aja kaya nyakitin diri sendiri dan akhirnya malah ngancurin diri sendiri.

Gue pun duduk di sofa ruang tamu, sembari minum minuman kehobian gue sedari kecil, air dingin, sambil menikmati sepoi-sepoi angin yang datengnya dari pintu depan yang gue buka untuk menjernihkan pikiran dan mencoba tenang. Di situ gue berpikir bahwa selama ini gue udah berusaha dan berupaya kok buat belajar dan mengerti apa yang udah dipelajarin, diliat dari proses nya gue berasa tekun dan gue merasakan manfaatnya sekarang, seenggaknya gue sedikit demi sedikit lebih lancar berbahasa inggris secara lisan maupun tulisan dibanding sebelumnya meskipun memang "produk" yang dihasilkannya memang berbanding terbalik dengan "proses" nya atau bisa dibilang usaha nya memang beda dengan hasil tes nya. Perlahan-lahan gue pun memaafkan kesalahan yang telah gue perbuat dengan melihat sisi positif yang didapatkan juga dalam proses pembelajaran waktu itu, ternyata gak sepenuhnya rugi kok.

Pelajaran yang gue dapet dari pengalaman ini adalah kadang kita udah berusaha keras untuk mencapai sesuatu, berharap dapet hasil yang sebanding tapi malah dapet hasil yang terbalik. Coba liat lagi gimana prosesnya, hasil kita ke belakangin dulu, apresiasi dulu sama usaha yang udah kita lakukan selama ini. Jangan pernah nyerah, terus berjuang, jangan lupa berdoa, and let the God hands work for the rest.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun