Di tengah pandemi, semangat terus mengalir untuk produk lokal Indonesia. Kini, tidak hanya strategi, namun keunikan produk dan pemilihan platform yang tepat menjadi faktor dalam keberhasilan marketing. Berikut beberapa brand lokal yang Go Mobile Indonesia menyoroti brand lokal yang memproduksi masker dengan kreativitas berbeda:
1. Taj Kaia
Sejak tahun 2016, Taj Kaia menjual produk berupa scarf dan dress yang diprint khusus untuk wanita. "Kami menjual masker scuba karena kami ingin berkontribusi dalam pencegahan COVID-19 di Indonesia", kata Malida, pendiri Taj.Kaia.
"Saat pandemi, kami akui omset Taj.Kaia menurun jauh sebesar 60%. Kamipun mulai memproduksi masker dengan ciri khas kami yang colourful. Tidak ada strategi khusus, namun, setelah berjualan masker, omset kami naik dan order meningkat. Kami justru menjadi kewalahan sekaligus bersyukur karena memiliki ranah untuk terus berkarya. Kami berharap secepatnya masalah COVID-19 dapat terselesaikan di Indonesia dan dunia." ujarnya.
2. Canvas Living
Produk lokal ini mengutamakan kualitas produk yang premium. Canvas Living menggunakan bahan masker 100% katun dengan motif yang menjadi ciri khas seperti gedung, binatang, bahkan bajaj yang dikemas dengan nuansa elegan dan tradisional.
Menurut Feli selaku pendiri Canvas Living, tidak ada strategi khusus dari brand selama pandemi. "Saya masih bersyukur karena momen pandemi ini membuat tim dapat melakukan pelatihan dan evaluasi mendalam. Kami juga mendapat support penuh dari customer untuk terus berkarya seperti berjualan hampers saat lebaran dan sekarang launching masker. Untuk itu, kami benar-benar ingin memberikan yang terbaik seperti melengkapi masker dengan nose clip, loop adjuster, dan filter slot, juga memasangkannya dengan sandal dalam agar matching saat digunakan di kantor/rumah".
Saat pandemi, Canvas Living berhasil membuka store di E-Commerce yang belum pernah dilakukan sebelumn