Mohon tunggu...
Elin D Sulistyowati
Elin D Sulistyowati Mohon Tunggu... Administrasi - Hanya seorang wanita yang suka membaca dan menulis

Orang biasa yang ingin bisa http://www.elinds.com

Selanjutnya

Tutup

Film

Indonesia Butuh Dong Yi Tokoh Jewel In The Crown untuk Mengatasi Kekacauan Negara

1 Agustus 2021   22:15 Diperbarui: 1 Agustus 2021   22:23 184 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indonesia Butuh Dong Yi Tokoh Jewel In The Crown untuk Mengatasi Kekacauan Negara
www.wikiwand.com

Kolusi, korupsi dan nepotisme  sudah ada semenjak lama. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di kerajaan Joseon, sebuah kerajaan yang pernah jaya di masa lampau di Korea Selatan.

Drama korea tidak hanya bercerita tentang kisah cinta dari oppha korea yang kece-kece saja. Tetapi banyak drama korea yang menceritakan tentang sejarah negara tersebut. Salah satu  drama korea yang   saya suka dan sangat terkenal adalah Jewel in The Crown.

Tokoh utama drama  ini adalah Don Yi yang dimainkan oleh Han Hyo-joo. Dia merupakan salah satu selir Raja Sukjong (raja Joseon ke -19) yang diperankan Ji Jin Hee. Dari perut Dong yi juga lahir raja Joseon ke-21 yang sangat terkenal yaitu Yeongjo.

Cerita bermula dari Dong Yi kecil yang cerdas dan berani. Tetapi karena dia berasal dari golongan rendah, maka dia hanya belajar pada ayah dan kakaknya saja. Sementara ibunya sudah meninggal karena sakit. Sewaktu Dong Yi masih kecil, ayahnya yang memiliki perguruan pedang bersaudara difitnah terlibat pembunuhan seorang pejabat. Hal ini mengakibatkan semua anggota pedang bersaudara harus dibunuh. Sehingga ayahnya ditangkap dan kakaknya yang bekerja di group musik kerajaan akhirnya juga meninggal.

Untuk menghindar dari perburuan, Dong Yi mengubah namanya menjadi Cheong Dong Yi. Dia akhirnya bisa kembali masuk ke kerajaan bekerja sebagai buruh di bagian musik berkat bantuan pacar kakaknya.

Pertemuan pertama dengan Raja Sukjong menurut drama ini adalah saat Dong Yi mengikuti penyelundup garam. Saat itu Raja sedang jalan-jalan. Berkat terbongkarnya kasus tersebut, Dong Yi dialihkan menjadi pelayan kerajaan bagian buruh cuci.

Dengan kecerdasannya pula, Dong Yi bisa membuktikan bahwa selir Jang tidak bersalah terhadap sebuah kasus. Membuatnya dekat dengan selir tersebut. Akhirnya raja pun memindahkan Dong Yi ke bagian penyelidikan. Hingga akhirnya diangkat menjadi selir keempat.

Drama korea ini selain menampilkan sejarah tentang kerajaan tentang kerajaan Joseon. Tentu juga menampilkan sisi romantisme khas drakor lainnya. Seorang raja akan mempunyai beberapa selir karena beberapa kepentingan kerajaan. Sebelum bertemu dengan Dong Yi, Raja Sukjong sangat mencintai selir Jang. Namun, kehadiran Dong Yi diantara para selir membuat pertikaian diantara selir Jang dan Dong Yi.

Dong Yi sempat diasingkan di luar istana karena membantu salah satu anggota pedang bersaudara yang masih hidup untuk melarikan diri. Setelah hukumannya selesai Dong Yi kembali ke istana bersama putranya.

Sewaktu Dong Yi menjadi selir keempat hingga pertama, banyak kasus kejahatan pemerintahkan terungkap. Seperti rakyat yang menderita kelaparan. Padahal hasil panen waktu itu sangat berlimpah. Hal ini disebabkan dana sosial digunakan oleh pejabat sosial. Hal ini sama halnya dengan negara Indonesia, dimana sebagian dana bansos dikorupsi oleh pejabat terkait.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x