Mohon tunggu...
Gita Lorensia
Gita Lorensia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

KKN Desa Kenongo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Donasi Buku oleh Tim KKN UM di Desa Kenongo Kabupaten Malang

24 Juli 2021   17:56 Diperbarui: 24 Juli 2021   18:21 73 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Donasi Buku oleh Tim KKN UM di Desa Kenongo Kabupaten Malang
Buku Donasi yang didapatkan oleh Tim KKN UM di Desa Kenongo/Dokpri

Buku merupakan salah satu sumber pengetahuan yang sangat penting, terutama bagi perkembangan anak. Namun, di Desa Kenongo sumber belajar untuk anak ataupun masyarakat pada umumnya masih kurang. Sedangkan beberapa orang terkadang hanya menyimpan atau membuang bukunya apabila sudah selesai digunakan. 

Padahal masih terdapat orang-orang yang kekurangan buku bacaan. Oleh karena itu, salah satu program kerja yang diusung oleh tim KKN Universitas Negeri Malang di Desa Kenongo adalah donasi buku.

Pada awalnya salah satu tindak lanjut dari donasi buku ini adalah dengan mengadakan sosialisasi literasi bagi anak usia SD hingga remaja di Desa Kenongo. Tetapi karena diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat di Jawa dan Bali, sehingga kegiatan ini tidak memungkinkan untuk dilaksanakan.

Hal ini menyebabkan donasi buku hanya berakhir dengan penyerahan buku kepada pihak perpustakaan di Desa Kenongo yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2021.

Observasi Kriteria Kebutuhan Buku Bacaan di Desa Kenongo/Dokpri
Observasi Kriteria Kebutuhan Buku Bacaan di Desa Kenongo/Dokpri

Adapun proses pelaksanaan program kerja donasi buku ini yaitu observasi yang bertujuan untuk mencari data mengenai jenis buku yang diperlukan oleh pihak perpustakaan di Desa Kenongo, serta sumber belajar yang dibutuhkan oleh anak-anak di Desa Kenongo. Kegiatan observasi lapangan ini dilakukan dengan mewawancarai perangkat desa,  anak-anak di Desa Kenongo dan guru untuk mengetahui efektivitas donasi buku, target kelas yang membutuhkan, dan tempat untuk pengalokasian buku. 

Kegiatan selanjutnya yaitu pembuatan pamflet yang digunakan sebagai media penyebaran informasi diadakannya donasi buku di Desa Kenongo. Pamflet yang berisi kriteria buku yang dibutuhkan, kemudian disebarkan melalui akun media sosial tim KKN Desa Kenongo 2021. Apabila ada yang ingin memberikan donasi, maka donator dapat langsung menghubungi contack person yang terdapat di pamflet donasi. 

Buku-buku yang telah diterima kemudian ditampung terlebih dahulu, hingga selesainya waktu penerimaan donasi. Adapun jumlah buku hasil donasi yang didapatkan oleh tim KKN Desa Kenongo yaitu sebanyak 62 buku.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN