Mohon tunggu...
Gita Anindya
Gita Anindya Mohon Tunggu... Freelancer - A girl
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

I do believe your galaxy

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Clodi Itu Apa Ya? Lalu Manfaatnya Apa Saja?

5 Juli 2021   16:47 Diperbarui: 5 Juli 2021   16:55 216 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Clodi Itu Apa Ya? Lalu Manfaatnya Apa Saja?
id.pinterest.com/pin

Apa itu Popok Clodi?

Sudah tahukah bunda tentang Popok Clodi? Clodi diambil dari kepanjangan kata Cloth Diaper atau biasa kita kenal dengan popok kain cuci ulang. Mula-mula Clodi ini berdefinisi popok yang dibuat dengan bahan kain tipis, dan pemasangannya diikatkan atau dipenitikan ke pinggang bayi. Tapi pada kemajuannya, clodi ini mengalami penyempitan arti. Sekarang clodi ini adalah sebuah popok kain bayi yang didesain khusus agar berfungsi selayaknya pampers (popok sekali pakai).

Sama seperti namanya, popok clodi ini yang berfungsi seperti popok sekali pakai ini, dibuat dengan bahan kain yang lembut dan dapat dicui dan dipakai ulang.

Manfaat Penggunaan Popok Clodi?

Lebih praktis memang dalam menggunakan popok sekali pakai, tapi ada banyak manfaat yang bisa bunda ambil jika popok clodi ini digunakan. Apa sajakah itu? Berikut tips dibawah ini. Simak ya bun..

1. Popok Clodi Membuat Kulit Bayi Jadi Lebih Sehat

Salah satu kenyamanan bayi adalah berfaktor pada kesehatan kulitnya. Pasalnya, telah banyak terbukti yang mengatakan bahwa popok sekali pakai memakai bahan kimia dan jika dipakaikan dapat menyebabkan efek buruk terhadap kulit si kecil, contohnya adalah ruam popok.

2. Popok Clodi Menghemat Pengeluaran Bulanan

Pemakaian popok sekali pakai akan membuat bunda membeli - menggunakan - membuang. Siklus tersebut akan selalu terjadi walau si kecil sudah tidak lagi mengompol. Pikirkan kembali oleh bunda coba, popok sekali pakai rata-rata digunakan oleh bayi sampai umur 3 tahun, kemudian pemakaiannya perhari bisa sampai 4 pcs, dan kini harga popok rata-rata Rp 2.000,-/pcs. Dan jika dijumlahkan pemakaiannya selama 3 tahun maka bunda akan mengeluarkan kebutuhannya sekitar Rp 8,760,000.

Sedangkan untuk clodi, rata-rata harganya Rp 60.000,-/pcs yang pemakaiannya dapat bertahan sangat lama, dapat digunakan berulang kali serta ukurannya dapat dicocokan dengan pinggang si kecil sampai akhirnya tidak cukup lagi. Tidak hanya itu, adiknya pun masih bisa menggunakan clodi tersebut!

3. Popok Clodi Lebih Ramah Ringkungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x