Mohon tunggu...
Gita LarasatiN
Gita LarasatiN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY

terus berusaha dan berdoa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Menilik Bagaimana Burger King Indonesia Mengelola Akun Instagramnya @Burgerking.id

1 Desember 2021   04:02 Diperbarui: 8 Desember 2021   12:43 170 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Burger King merupakan salah satu restoran cepat saji asal Amerika, sesuai dengan namanya restoran ini terkenal dengan produk andalannya yakni burger. 

Meski, kehadirannya cukup baru di Indonesia, namun Burger King cukup ahli dalam memikat konsumennya tidak hanya melalui cita rasanya saja, namun juga melalui strategi komunikasi pemasarannya yang unik dengan memanfaatkan media sosial Instagram.

Pada tahun 2020, hampir seluruh restoran, toko, dan usaha lainnya mengalami kesulitan dan berjuang sekuat tenaga untuk bisa bertahan ditengah pandemi. Burger King turut menjadi restoran yang berjuang saat itu, yang menarik @Burgerking.id melalui postingannya sempat viral dan membuat heboh di Instagram maupun Twitter. 

Postingan yang diunggah berisikan ajakan Burger King bagi konsumen untuk memesan MCdonalds. Hal ini menarik, karena Burger King malah menyuruh konsumen untuk membeli produk menu dari restoran lain dibanding restorannya, tentunya ini bisa merugikan bagi Burger King dan membuat Burger King Bangkrut, namun sebaliknya Burger King mendapatkan banyak respon positif dari warganet Indonesia yang memuji aksi tersebut sebagai aksi solidaritas yang menyentuh.
 
Jika ditelaah, tentunya hal ini bukanlah sekedar aksi solidaritas semata dari Burger King akan pesaingnya, tetapi hal ini bisa diartikan sebagai strategi komunikasi pemasaran dari Burger King untuk lebih menarik atensi dan perhatian konsumen serta meningkatkan citra dari Burger King sebagai brand restoran fast food yang suportif terhadap pesaingnya di tengah krisis pandemic Covid-19 ini.
 
Burger King Indonesia sendiri memiliki beberapa akun media sosial, mulai dari facebook, Instagram, twitter, line dan media sosial lainnya. Di Instagram, Burger King Indonesia melalui @burgerking.id cukup aktif dan telah melakukan pengelolaan media sosialnya dengan baik. Dengan diikuti oleh sebanyak 1,5 juta pengikut, akun resmi ini telah memanfaatkan hampir seluruh fitur yang disediakan oleh Instagram. 

Mulai dari mengupload postingan gambar, membuat reels, filter, instagram guide, highlights dan lainnya. Pertama, total sebanyak 561 postingan telah diunggah oleh @burgerking.id, saat pertama kali mengunjungi akun ini, feeds postingan diatur dengan menarik dan rapi walaupun sedikit nyentrik dengan visual gambar yang menonjol, pemilihan typography yang besar serta pemilihan tone warna yang mencolok, namun bisa membuat siapa saja yang melihat akun ini akan merasa ngiler dan lapar kapanpun dan dimanapun dia berada, karena pemilihan visual, typography dan tone warna pada setiap postingan terlihat sangat nyata sehingga siapa saja yang melihat akan tertarik untuk membeli produk ini.
 
Kedua, @burgerking.id juga memanfaatkan fitur reels sebagai campaign promosi produk Purple Seoul Burger King dengan #BeraniJadiBeda dengan total 3 video reels dan 1 video reels yang menampakkan youtuber pasangan fenomenal ria ricis dan suaminya yang sedang mencicipi produk ayam goreng "King's Chicken BK". Ketiga, @burgerking.id membuat variasi postingan tidak hanya postingan gambar saja namun juga postingan video yang rata-rata telah ditonton lebih dari ribuan kali oleh pengikutnya.

Keempat, @burgerking.id juga membuat instagram guide berisi kumpulan postingan yang disusun menjadi suatu pedoman atau petunjuk bagi pengikutnya. Terdapat dua instagram guide, pertama berupa ucapan dan apresiasi kepada perempuan-perempuan Indonesia dalam rangka hari kartini dan campaign sunyi bersuara yakni bentuk dukungan, kepedulian dan kesetaraan akan teman tuli.

Kelima, @burgerking juga membuat filter instastory yang lucu dan menarik bagi pengikutnya, total ada 2 filter yang telah dibuat dengan nama Burger Queen dan Kuro Ninja. Filter ini memungkinkan pengikutnya untuk mencobanya dan membagikannya ke teman-teman Instagram sehingga akan muncul brand awareness dari benak pengguna instagram terhadap brand Burger King setelah melihat ataupun menggunakan filter ini.
 
@burgerking.id melakukan pendekatan yang sangat baik dan interaktif kepada pengikutnya di instagramnya. Hal ini didasarkan pada instastorynya, yang sering merepost ulang postingan instastory dari konsumennya yang sedang memakan produk ataupun berada di restoran Burger King, tanpa sekalipun melihat kualitas gambar atau video yang telah di-tag tersebut. 

Hal ini sangat jarang sekali ditemui pada akun-akun resmi brand lainnya yang cenderung lebih selektif dalam merepost instastory dari konsumen guna menunjukkan tampilan yang bagus, cantik secara visual untuk mencapai citra dan reputasi yang baik bagi perusahaan tersebut.
 
Burger King juga seringkali membalas komen dari pengikutnya dengan sapaan yang ramah dan sopan. Hal ini memperlihatkan bahwa Burger King benar-benar menjaga hubungan baiknya dengan stakeholdernya yakni konsumen yang menjadi bagian penting bagi perusahaan.
 
Selain mengupload instastory, @burgerking.id juga mengaturnya konten instastory kedalam highlights dengan judul-judul tertentu sesuai pengelompokkan jenis konten postingan sehingga memudahkan bagi pengguna Instagram untuk melihat-lihat konten-konten tertentu tanpa menscroll postingan hingga bawah. 

Salah satunya, jika anda ingin mencari promo pada bulan ini, cukup dengan sekali klik pada balon highlights dibawah bio akun, anda bisa secara cepat dan mudah melihat apa saja promo yang akan anda dapatkan pada bulan ini, mulai dari promo potongan harga, promo produk gratis, hingga promo-promo menarik lainnya
 
Pengelolaan media sosial @burgerking.id di instagram merupakan salah satu bentuk bagaimana sebuah brand atau perusahaan telah memanfaatkan media sosial dengan baik, salah satunya dalam melakukan strategi komunikasi pemasarannya. 

Melalui pemanfaatan fitur yang ada pada masing-masing media sosial, membuat Burger King semakin dikenal dan sukses tidak hanya mendapatkan profit saja, namun juga meningkatkan citra dan reputasi Burger King yang positif di tengah kehidupan masyarakat khususnya Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan