Mohon tunggu...
Giovani Anggasta
Giovani Anggasta Mohon Tunggu... @gio_giovanii

Giovani Anggasta, Tempat tanggal lahir Jambi 20 maret 2020 . domisili Jambi. Mahasiswa Universtas Diponegoro.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hadirkan BULEK MINI di Tengah Warga, Mahasiswa KKN UNDIP Beri Solusi Tetap Produktif Saat Pandemi Covid-19

14 Agustus 2020   13:01 Diperbarui: 14 Agustus 2020   13:11 6 0 0 Mohon Tunggu...

 

Sungai Duren, Sabtu (01/08/2020), Tahun ini, KKN undip dilaksanakan sedikit berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Kegiatan KKN selama pandemi covid dilaksanakan di desa masing-masing secara mandiri. Era pandemi covid-19, membuat mahasiswa melakukan Kegiatan KKN secara mandiri di tempat tinggal masing-masing. Salah satunya, Giovani anggasta (Mahasiswi Akuakultur, FPIK) yang melaksanakan kegiatan KKN di desa Sungai Duren, Kabupaten Muaro Jambi.

Program kerja yang dilaksanakan yaitu BULEK MINI. BULEK MINI merupakan singkatan dari Budidaya lele dan kangkung minimalis. Kegiatan KKN ini dilaksanakan di Perumnas Desa Sungai Duren, Muaro Jambi. BULEK MINI atau biasa di kenal dengan sebutan BUDIKDAMBER ini telah menjadi sesuatu yang populer di kalangan masyarakat. Budidaya ikan dan sayur dalam satu wadah berupa ember yang dapat dilakukan di lahan yang sempit dan terbatas.

Program kerja ini bertujuan agar warga tetap bisa melakukan kegiatan budidaya walaupun dilahan yang sempit. Selain itu, kegiatan yang dilakukannya ini menjadi solusi agar masyarakat tetap produktif walaupun hanya dari rumah saja. Tentunya BULEK MINI ini juga mampu menjadi solusi ketahanan pangan bagi keluarga dengan mendorong masyarakat untuk menghasilkan protein hewani secara mandiri. Masyarakat tetap produktif dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan untuk BULEK MINI.

Sosialisasi kegiatan BULEK MINI kepada warga perumahan dan ketua RT setempat dilakukan oleh giovani anggasta mahasiswa KKN UNDIP Tim II dengan memperkenalkan apa itu BULEK MINI dan bagaimana cara membuatnya kepada warga sekitar. Giovani menjelaskan bahwa Kegiatan BULEK MINI dimulai dari mempersiapkan alat dan bahan berupa ember, cup plastik, jaring bekas, keran, benih lele, benih kangkung. Tahapan yang dilakukan yaitu persiapan wadah ember yang dicuci dan dikeringkan. Kemudian isi air sebanyak 80% dari ketinggian ember setelah itu ditambahkan probiotik sebanyak 5 ml dan air ember didiamkan selama 2 hari. Setelah itu dilakukan penebaran benih ikan lele sebanyak 50 ekor. Letakkan gelas plastik yang berisikan kangkung di sekeliling ember. Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Program BULEK MINI menjadi solusi tetap produktif dari rumah saja di tengah pandemi covid-19. Masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong disekitar pekarangan rumah dan menikmati hasil panen ikan dan sayur.

Giovani Anggasta 

Akuakultur/FPIK

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x