Mohon tunggu...
Gilang Wahyu Pradana
Gilang Wahyu Pradana Mohon Tunggu... Aktor - Mahasiswa

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kegiatan Usaha Dibatasi, Mahasiswa KKN UNDIP Gandeng UMKM Go-Digital

30 Juli 2021   16:00 Diperbarui: 30 Juli 2021   16:36 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Usaha Dibatasi, Mahasiswa KKN UNDIP Gandeng UMKM Go-Digital
pendaftaran usaha sebagai mitra GoFood

Magelang (28/07/2021) -- Sejak pertama kali muncul di Indonesia, pandemi virus Covid-19 belum usai hingga saat ini. Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi membuat berbagai sektor terpengaruh, termasuk sektor ekonomi. Pelaku bisnis termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga terdampak akibat pandemi. Masyarakat diminta menghindari kerumunan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Dalam menyikapi keadaan saat ini diperlukan solusi yang tepat salah satunya harus menyesuaikan dengan cara mengubah menjadi sistem digital karena minimnya ruang gerak untuk tatap muka terlebih ketika mulai diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Minimnya pengetahuan para pelaku UMKM di Desa Ngabean dalam hal melakukan sistem digital, Mahasiswa KKN UNDIP Bernama Gilang Wahyu Pradana melakukan program pendampingan untuk mendaftarkan usaha mereka kepada mitra GoFood. Program ini dilakukan agar pelaku UMKM dapat tetap bertahan di tengah kondisi pandemi. Kegiatan mendaftarkan UMKM kepada mitra GoFood dilakukan di Dusun Krajan II RT003/RW002 Desa Ngabean. Pendampingan kepada pelaku usaha dilakukan secara langsung dengan mendatangi lokasi usaha tentunya dengan menggunakan protocol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah.

proses survey lokasi usaha oleh driver GoFood
proses survey lokasi usaha oleh driver GoFood

Kegiatan yang dilakukan yaitu dimulai dari penyiapan dokumen, proses pendaftaran usaha, verifikasi data usaha, survey lokasi usaha, hingga aktivasi layanan aplikasi untuk menjalankan usaha dan resmi menjadi mitra GoFood. Tidak hanya sampai di situ, Gilang juga mengajarkan pelaku usaha mengenai sistem pembayaran digital (GoPay) serta cara untuk mengambil foto produk yang digunakan sebagai promosi. Dengan bergabung ke GoFood restoran dapat memiliki beberapa keuntungan diantaranya ialah dapat meningkatkan pendapatan, menjangkau konsumen lebih luas, dan memudahkan dalam transaksi jual beli di kala pandemi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM tetap dapat menjalankan usahanya serta mampu memasarkan produknya secara digital sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Selain itu diharapkan para pelaku UMKM mampu memaksimalkan penjualan sehingga bisa bertahan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Reporter         : Gilang Wahyu Pradana

Editor              : Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN