Mohon tunggu...
Gilang Setiawan
Gilang Setiawan Mohon Tunggu... Aku Elang

Elang Tidak Pernah Takut Terbang

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pantai Ranca Buaya, Welcome to Garsel Paradise

14 Juli 2020   21:31 Diperbarui: 14 Juli 2020   21:21 18 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pantai Ranca Buaya, Welcome to Garsel Paradise
Sumber gambar: IG @garut_turunankidul

Dijuluki Swiss Van Java, salah satu wilayah di Jawa Barat ini memang menyimpan keindahan yang begitu mempesona. Selain deretan pegunungan, danau-danau dan wisata kuliner, Garut juga menyimpan surga yang eksotis dibagian selatan yakni deretan pantai-pantai indah yang turut menghiasi pesona indahnya Garut. 

Bukan hanya satu pantai melainkan beberapa pantai yang terkenal dengan beragam keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Ranca Buaya, welcome to garsel paradise.

Pantai Ranca Buaya adalah wisata pantai di wilayah Garut Selatan yang memiliki keunikan tersendiri berbeda dari pantai-pantai pada umumnya. Pantai Ranca Buaya memiliki ombak yang besar sebab berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, tak seperti kebanyakan pantai yang memiliki ombak yang tenang serta hamparan pasir yang landai, Pantai Ranca Buaya justru memiliki ombak yang besar dengan batuan-batuan karang yang cukup besar. 

Hal inilah yang kemudian menambah keindahan tersendiri. Selain itu, keindahannya ditambah dengan banyaknya ikan-ikan kecil warna-warni yang terperangkap terbawa ombak diantara batuan-batuan karang.

Pantai Ranca Buaya juga merupakan pantai tempat pelabuhan kapal-kapal nelayan, sehingga berwisata ke pantai ini selain bisa menikmati indahnya pemandangan alam, juga bisa sambil menikmati kuliner-kuliner ikan hasil tangkapan para nelayan yang masih segar. 

Selain itu, kita juga bisa menikmati indahnya pantai dengan menyewa perahu nelayan untuk berkeliling menikmati deburan ombak pantai selatan.

Untuk bisa masuk ke pantai Ranca Buaya kita cukup membayar tiket kurang lebih Rp. 10.000,- sangat sebanding dengan pemandangan dan berbagai objek menarik didalamnya. 

Pengelolaan pantai ini dilakukan oleh kelompok penggerak pariwisata (kompepar) yang merupakan masyarakat setempat. Namu saat ini Pantai Ranca Buaya sudah mendapatkan pengelolaan yang baik dari pemerintah Kabupaten Garut, sehingga objek wisata ini semakin berkembang dan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh berbagai turis lokal bahkan mancanegara. Selain itu, perkembangan objek wisata ini pun semakin cepat dengan mulusnya akses jalan menuju objek wisata ini.

Untuk menuju Pantai Ranca Buaya ada beberapa akses yang bisa kita tempuh diantaranya: pertama, kita bisa melalui akses jalur Garut Kota, dengan melewati kecamatan Pameungpeuk yang memiliki kondisi jalan yang cukup baik. 

Kedua, kita bisa menggunakan jalur akses Kabupaten Bandung dengan melewati kecamatan Pangalengan dan Cisewu, kondisi jalannya pun cukup bagus meskipun harus melalui banyak tanjakan dan turunan tajam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x