Mohon tunggu...
Agina Puspa
Agina Puspa Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

step by step .. hear my voice : gienpoespa.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Ada Kisah di Workshop Djarum

15 Agustus 2012   06:35 Diperbarui: 25 Juni 2015   01:44 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hoollaaaa ... yeah, lama juga ya membiarkan si akun ini tanpa empunya, haha Hampir berbulan-bulan vacum ! Ckckck Aktivitas dunia nyata menyita banyak waktu, alhasil ... dunia maya harus dikorbankan. Okee, tapi kali ini ada yang menarik looh ... Setelah sekian lama berkutat di dunia perkuliahan. Akhirnya, pada hari selasa (8/5) saya memutuskan untuk bolos kuliah ! Yeahh, imbalannya satu mata kuliah yang dihitung dua absen lenyap sudah ... Hahhaa (ga worry kok, belum pernah bolos ini.. :p) Hari itu adalah hari penting yang udah saya tunggu-tunggu sejak Februari (ketika pertama kali daftar via online). Yepp, saya terobsesi banget sama program Djarum Foundation (selain ngejar beasiswanya) juga program lain yang diselenggarakan, seperti Road To Campus (RTC) yaitu program pelatihan soft skills untuk mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi Indonesia. Soo, workshop yang bertemakan Personal Branding : THAT'S YOU ! ini adalah acara yang paling saya tunggu sejak pendaftaraan !. [caption id="attachment_182405" align="aligncenter" width="300" caption="Pintu Balai Santika-Unpad Jatinangor Selasa (8/5)"][/caption] Pagi-pagi jam 06.00 itu saya sama Enden (temen kosan, jurusan Pend. Matematika) sudah siap berangkat. Malahan si Enden dari jam setengah enam udah dandan cantik. Saya sih nyantei nyantei aja meskipun memang antusias juga. Tapi sayangnya, Maya (temen kosan juga, jurusan Manajemen Keuangan Syariah) ga bisa ikut solanya dia ga dapet konfirmasi dari panitia Beswan (sebenernya, dateng juga pasti bisa masuk). Keuntungan pertama pelaksanaa RTC ini ga jauh dari kampus saya. Kebetulan sekali, di Unpad-Jatinangor. Lumayanlah .. cuma naik angkot satu kali (lupa lagi jurusan apa, yang pasti si angkot ini badannya warna ijo berpolet merah) dan ongkosnya cuma Rp. 2.500 (padahal lumayan jauh juga sih). Nyampe di Unpad celingak-celinguk cari temen-temen yang katanya udah nyampe juga. Dan menujulah, kami ke gedung yang bernama Balai Santika. Yeaah, kereen keren ... gedungnya (sempet ngiri dan menggerutu kapan kampus saya sebagus UNPAD?!). Si Enden yang baru pertama kali ke Unpad cuma berdecak kagum : "Unpad keren ya ... Kapan kampus kita kaya gini?", dengan logat Malangbong-Garut yang khas. Saya cuma cekikikan aja. Hahahha. Registrasi berjalan cukup alot, banyak peserta yang tidak terdata di panitia (padahal udah di telepon). Cukup bikin gerah n emosi sih, terutama rombongan dari kelas saya yang saat itu hampir enam orang yang datang dan semuanya tidak terdata. Tapi untunglah, saya jadi orang beruntung yang namanya terdataa :)). Dan langsug dapat semua fasilitasnya berupa : kaos personal branding, buku catatan, snack, dan beberapa kertas yang berisi permaianan. [caption id="attachment_182406" align="aligncenter" width="300" caption="Ngantri Registrasi"]

1337437477771339905
1337437477771339905
[/caption] Gilaaa, dari jam tujuh pintu gedung baru dibuka jam sembilan dong !! Cukup bikin kesel banget nunggu ampir tiga jam, ckckck. Belum lagi panitianya telat juga, kaya yang kurang prepare tapi yaah, mungkin mereka juga udah maksimal. Akhirnya peserta dipersilahkan masuk dengan cara ngatri perkelompok. Kami yang rombongan dari kelas terpencar kesana-sini, begitu juga Enden yang ngerek pengen sekelompok sama saya biar ada temen. Tapi karena ga bisa dituker jadilah Enden bersabar dengan kelompoknya bersama orang-orang baru. Begitu juga dengan saya, harusnya sekelompok sama Eeng (temen satu kelas) tapi karena Phitiw (temen sekelas juga) pengen ada temen, jadilah mereka tukeran kelompok. Waktu lagi ngantri, ketemulah dengan makhluk dari negeri antah berantah yang bernama Indra dengan panggilan Enda (baca : 'nda). Dia mahasiswa UPI jurusan Pend. Akuntansi. Ada satu hal yang paling diinget tentang dia. Begini ceritanya .... Setelah perkenalan diantrian itu, dia bilang (hampir ke semua orang yang diajak/ngajak kenalan sama dia) : Enda : Klo kamu umurnya lebih kecil dari 'Nda, berarti manggil ke 'Nda apa? Saya : Kakak ... (sambil mikir apa maksud orang ini ..) Enda : Kaka 'nda ..(baca : Kakanda), terus dia ketawa tawa sendiri. Saya : (Ikut ketawa juga, sambil ngebatiin whaaat?!!) hahaha. [caption id="attachment_182407" align="aligncenter" width="300" caption="Kaka "]
1337437553578150659
1337437553578150659
[/caption] Parah deh, punya temen kaya begitu.Ikhwan (saya manggil ikhwan soalnya dia ga mau jabatan tangan sama cewe-padahal itu persepsi saya yang sesat, haha) yang gokil .. haha. Mari kita tinggalkan sejenak tentang teman baru saya yang rada aneh itu. Beralih ke temen-temen baru saya yang unik-unik. Ada Icha n Alum pasangan sahabat ini jurusan Agroteknologi-Unpad, Devi yang satu kampus dengan saya tapi di jurusan Bahasa&Sastra Inggris, Phitiw temen satu kelas saya, Ida yang paling kalem n ga banyak ngomong dari UNINUS, Erinna -dipanggil Ein- yang aktraktif dari jurusan Pend. Akuntansi -Unpas, Pasangan sahabat Gede n Mia dari Sastra Inggris-Unpad, Dini yang selalu ngeksis dari Bimbingan Penyuluhan Islam-UIN Bandung (satu kampus juga sama saya), Ari yang nyeleneh tapi akraban dari Agrobisnis-Unpad dan terakhir Ikhsan -yang memproklamirkan diri dengan sebutan 'Boy'- dari Fikom-Unpad. Kami dipertemukan di kelompok 2 yang punya nama 'Sapu Lidi' (Nama salah satu restoran di Kota Bandung).
13374376382000417431
13374376382000417431
Yeaah, mereka temen-temen yang luar biaasaa ! Yang asiknya itu, tiap istirahat kita selalu bareng-bareng. Makan siang juga. Sampe-sampe si Enden dibuat ngiri dan terus ngekor di kelompok saya. "Kelompok kamu mah baik-baik ih ..." kata Enden sambil menyuap ayam gorengnnya saat istirahat makan siang. Untuk bagian makan-makan ini si Ari n Boy di daulat jadi tim logistik pembawa amunisi makanan untuk kelompok kami. Tentang Workshop Personal Branding : THAT'S YOU ! Workshopnya diisi sama Pak Marteen Sumual beliau kayanya seorang motivator atau trainer deh ..Saya kurang merhatiin waktu perkenalannya. Tapi yang saya liat di blog Beswan Djarum, workshop Personal Branding di setiap kampus selalu diisi sama Pak Marteen. Daan ... Pak Mateen ga sendiri, beliau ditemani sama Ka Ari yang cakkeep kaya pemaen sinetron. Sampe-sampe si Enden ngebet banget pengen foto sama dia. Emang ganteng sihh, klo ga salah dia juga alumni Beswan Djarum tapi ga tau angkatan ke berapa. Ka Ari punya kharisma, itu sih yang bisa aku bilang. :D Kurang lebih ada 5-6 kegiatan yang dilakukan bareng-bareng kelompok. Mulai dari menjawab pertanyaan tentang Johari Window, diskusi tentang sifat-sifat yang bikin kita ga pede, menelusuri kesamaan sifat pribadi lewat metode Topi Berwarna-nya Edmund, merubah personal branding seseorang, dana banyak lagi ! Pokoknya ga bakalan nyesel ! Acaranya berlangsung dari jam 09.00-18.00 dengan photo sesion jadi genap jam 19.00, Hahaha. [caption id="attachment_182409" align="aligncenter" width="300" caption="bersama Pak Marteen :)"]
1337437731973563971
1337437731973563971
[/caption] Jadi, personal branding itu adalah segala sesuatu yang positif dalam diri kita. Personal Branding itu bukan MERK, KEPRIBADIAN, atau KARAKTER. Personal branding adalah bagaimana kita mencitrakan diri kita akan dapat menjual dan dilirik oleh orang yang membutuhkan tenaga kita. Kurang lebih seperti itu tentang personal branding. Selain dapet materi yang bagus (walopun di awl-awal saya beneran bosen dan ngantuk, haha) juga dapet temen-temen yang hebaatt ! Hari itu saya seneng bangett, punya pengalaman baru. Ga nyesel lah, bolos kuliah juga. Hahaha. Apalagi pulangnya dianter pake mobil bagus punya Beswan Djarum sampe gerbang depan Unpad. Lengkap sudah perjalanan saya. Walopun dibilang katro, ga peduuulii .. yang penting saya sudah mencoba mobil bagus dengan kursi yang nyaman pulaa.... Aaahh, pengen segera terlelap deh ... hhaaha. Yeahh, harapan saya .. mudah-mudahan bisa lolos seleksi dan jadi salah satu penerima Beswan Djarum angkatan 28. Amiiin Ya Allah ... :) Rezeki ga bakal pindah tangan kan? Semoga ada rezeki saya di Beswan Djarum, yaa Allah ... Amin :) Tulisan lebih lengkap disini : Kenang-kenangan Workshop Djarum

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun