Pada Sabtu 10 Desember 2022, mahasiswa UPN Â Veteran Jawa Timur melaksanakan pameran UMKM di salah satu sekolah dasar Kabupaten Tulungagung. Tepatnya di SDN 2 Kedungwaru pameran UMKM untuk mendorong potensi produk lokal Tulungagung ke kancah Internasional sebagai produk ekspor unggulan.Kopi hijau atau sering disebut dengan kopi ijo dalam bahasa Jawa. Merupakan komoditas oleh-oleh khas kota marmer Tulungagung. Pameran UMKM yang digelar berfokus pada perkenalan dan sosialisai produk-produk unggulan Tulungagung. Salah satunya adalah produk kopi hijaukuu "Hijaukuu" yang merupakan bisnis hasil dari Studi Independen di Yayasan Sekolah Ekspor.
Yayasan Sekolah Ekspor Sendiri merupakan mitra dari Kemendikbudristek yang kini telah melaksanakan program Studi Independen gelombang ke III (Batch III). Sebanyak 500 lebih peserta bergabung untuk melaksanakan program Studi Independen Be A Digital Exporter (SIBADE) Â yang digelar pada periode Agustus hingga Desember 2022.
Hijaukuu merupakan produk yang dikelola oleh tim mahasiswa peserta Studi Independen Sekolah Ekspor yang berfokus untuk mengangkat produk lokal kopi hijau yang merupakan perpaduan antara kopi Robusta dan Biji Kacang Hijau. Mahasiswa UPN Jatim memperkenalkan mulai dari sejarah, sentra penghasil kopi Tulungagung, dan visi misi perusahaan GVN GREEN COFFEE Production sebagai penghasil kopi hijau kepada murid Sekolah Dasar. Koni hijakuu.id memfokuskan penjualan ke sektor B2B sebagai pemasok kopi hijau di coffee shop dan juga bergerak di bidang B2C dengan memanfaatkan E-commerce yang Shopee untuk menjangkau pelanggan. Hijaukuu bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp. 30.000 untuk kemasan 250 gr melalui Shopee atau akun instagram resmi PT. GVN Green Production di @hijaukuu.id
Dalam pameran, para murid sekolah dasar SDN 2 Kedungwaru juga mulai diperkenalkan kepada E-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Hal ini penting mengingat peran E-commerce dalam menunjang UMKM seperti GVN GREEN COFFEE Production untuk terus tumbuh dan beradaptasi dikala pandemi Covid-19. Guna mewujudkan eksportir muda yang berani, perkenalan pameran UMKM dimulai sejak dini dan menyasar kepada sekolah-sekolah dasar.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI