Mohon tunggu...
GICEILA DIAS PRADITYA
GICEILA DIAS PRADITYA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya merupakan salah satu guru seni musik di SMP Negeri Jakarta. Saya memiliki pengalaman dibidang bernyanyi dari skala Lokal hingga Internasional. Mari berbagi..

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mari Bernyanyi dengan Teknik yang Baik

12 Oktober 2022   09:13 Diperbarui: 12 Oktober 2022   10:27 1574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Setiap individu yang terlahir di dunia, pasti memiliki hasrat ingin bernyanyi, betul tidak?

Seperti saya yang hobi bernyanyi di kamar mandi kemudian disalurkan untuk mengikuti les suara di berbagai instansi oleh kedua orangtua saya. Dunia tersebut saya dalami hingga saya menorehkan prestasi di berbagai kancah, mulai dari lokal hingga Internasional.

Berikut sedikit perkenalan suara saya


Bagaimana sih cara bernyanyi yang baik ?

Secara garis besar, ada yang dinamakan dengan Teknik Vokal, yaitu cara bernyanyi yang baik dan benar. Didalam teknik vokal sendiri ada beberapa unsur yang mendukung, seperti : Pernafasan, Artikulasi, Intonasi, Phrasering, serta Interpretasi.

1. Pernafasan

Ada beberapa pernafasan yang kita kenal. Yang kita gunakan untuk bernafas sehari-hari disebut dengan pernafasan dada. Namun, pernafasan terbaik ketika bernyanyi disebut dengan pernafasan Diafraghma. Mengapa? karena diafraghma memiliki ruang yang besar. Dan diafraghma sangat mendukung ketika suara dikeluarkan

2. Artikulasi

Teknik cara pengucapan yang baik dan jelas. Ketika mendengarkan seseorang bernyanyi tetapi huruf vokal atau kalimat yang terdengar tidak jelas, seperti seharusnya "Tanah Air..." menjadi "Tonoh Oil..." berarti penyanyi tersebut memiliki teknik artikulasi yang kurang baik dan perlu latihan terus menerus

3. Intonasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun