Mohon tunggu...
Ghaisyani HaibahNur
Ghaisyani HaibahNur Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa Universitas Jember

...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kemiskinan di Kabupaten Probolinggo Sangat Tinggi?

12 Oktober 2022   23:58 Diperbarui: 13 Oktober 2022   00:04 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kabupaten Probolinggo memiliki 24 kecamatan, 5 kelurahan, dan 325 desa. Pusat pemerintahan Kabupaten Probolinggo berada di Kraksaan. Kraksaan merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo. Kabupaten Probolinggo dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Argopuro, dan Gunung Semeru. 

Kabupaten Probolinggo berada di posisi 11250' -- 11330' Bujur Timur (BT) dan 740' -- 810' Lintang Selatan (LS) dengan luas wilayah sekitar 169.616,65 Ha. Kabupaten Probolinggo terletak di lereng pegunungan dari barat ke timur, yaitu Gunung Semeru, Gunung Argopuro, Gunung Lemongan, dan pegunungan Bromo -- Tengger. 

Kabupaten Probolinggo terletak dalam ketinggian 0-2500 m di atas permukaan laut. Biasanya wilayah Kabupaten Probolinggo ini memiliki suhu dengan temperatur rata-rata 27-30 derajat celcius. Batas utara Kabupaten Probolinggo adalah Selat Madura, batas timur adalah Kabupaten Situbondo, batas selatan adalah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, serta batas barat yaitu Kabupaten Pasuruan. Kabupaten Probolinggo memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan dengan curah hujan tahunan berkisar antara 80-120 hari hujan per tahun.

Kabupaten Probolinggo menduduki peringkat keempat sebagai wilayah termiskin di Jawa Timur. Kabupaten Probolinggo masuk ke dalam lima daerah di provinsi Jawa Timur yang menjadi pilot project atau percontohan program penanganan kemiskinan ekstrem tahun 2022. Angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo mencapai sekitar 18%. 

Sedangkan, berdasarkan data Pemprov Jatim, ada sekitar 114 ribu jiwa yang masuk dalam kategori miskin ekstrem. Kemiskinan ekstrem sendiri merupakan kondisi dimana kesejahteraan masyarakat berada di bawah garis kemiskinan wilayah tersebut. Masyarakat yang masuk dalam kategori miskin ekstrem di Kabupaten Probolinggo merupakan masyarakat yang memiliki pendapatan di bawah 340 ribu rupiah tiap orang per bulannya.

Nantinya, di Kabupaten Probolinggo ini, akan dipilih 5 kecamatan yang akan menjadi pilot project atau percontohan dalam program pengentasan kemiskinan ekstrem ini. Dari 5 kecamatan tersebut dipilih 5 desa per kecamatan untuk mewakili program tersebut. 

Jadi, aka nada 25 desa yang mewakili Kabupaten Probolinggo untuk menjadi pilot project atau percontohan dalam program pengentasan kemiskinan ekstrem ini. Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengajak para kepala OPD di daerah Kabupaten Probolinggo untuk membantu dan segera melakukan aksi dalam program pengentasan kemiskinan ini.

Ada banyak faktor yang menyebabkan tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo. Moh. Haris atau biasa dipanggil Gus Haris dalam seminarnya menjelaskan faktor yang menjadikan Kabupaten Probolinggo menjadi daerah termiskin keempat yaitu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Probolinggo masi tergolong rendah. Profesi masyarakat Kabupaten Probolinggo lebih banyak bergerak di sektor agro atau pertanian terutama di daerah pedesaan. 

Semenjak pandemi Covid-19, profesi yang bergerak di bidang agro atau pertanian sedikit terancam karna banyaknya masyarakat yang lebih memilih menanam sayuran atau buah-buahan sendiri untuk menghindari virus Covid-19 tersebut. Hal ini pun membuat masyarakat yang memiliki profesi di bidang pertanian kesusahan untuk bertahan hidup yang menyebabkan semakin tingginya angka kemiskinan.

Selain hal itu, faktor lain yang menyebabkan tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo yaitu daya saing yang dimiliki Kabupaten Probolinggo sendiri masih kalah dengan daerah lain. Baik dalam sektor pendidikan, kesehatan, maupun infrastruktur. Faktor inilah yang membuat semakin sedikitnya lapangan pekerjaan karena hal itu kurang diurus dengan baik oleh pemerintah.

Karena itu, Kabupaten Probolinggo dijadikan sebagai salah satu pilot project atau percontohan dari program pengentasan kemiskinan tahun 2022 bersama dengan Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Bojonegoro, dan Kabupaten Lamongan. Kelima kabupaten ini  dijadikan sebagai pilot project program pengentasan kemiskinan di Jawa Timur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun