Mohon tunggu...
Graciela FaustenNovindri
Graciela FaustenNovindri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Graciela Fausten Novindri - Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Pemanfaatan Teknologi Informasi, Memerangi Narkoba dengan Internet

2 Agustus 2019   13:58 Diperbarui: 2 Agustus 2019   14:01 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pemanfaatan Teknologi Informasi, Memerangi Narkoba dengan Internet
rsudgunungjati.cirebonkota.go.id

      Di era globalisasi yang terjadi saat ini, telah banyak perubahan yang terjadi di negara kita mulai dari sistem ekonomi, sistem politik, dan juga sistem teknologi. Teknologi menjadi hal penting dalam dunia ini, karena dengan bertambahnya tahun semakin bertambah pula inovasi-inovasi baru dalam teknologi yang mampu mempermudah hidup masyarakat. Salah satu perkembangan yang sangat menguntungkan bagi masyarakat adalah Internet. Internet merupakan salah satu sarana dalam teknologi untuk berbagi dan mencari informasi dengan mudah dan cepat.

     Pada era globalisasi ini juga, terdapat banyak perilaku masyarakat baik dari anak kecil, remaja maupun dewasa yang mulai menyimpang dengan norma dan hukum yang berlaku. Banyak faktor yang mampu merubah sikap perilaku masyarakat. Narkoba misalnya, sekarang ini banyak sekali peredaran-peredaran narkoba yang dilakukan dengan menggunakan teknologi.  Belakangan ini juga masyarakat Indonesia telah dihebohkan dengan public figure yang banyak menggunakan narkoba untuk kepentingan individunya. Seperti Jefri Nicole yang merupakan actor Indonesia yang masih berusia 20 tahun. Seharusnya Ia mampu menjadi contoh baik bagi masyarakat tapi karena pengaruh narkoba ia pun harus menerima segala akibatnya.

      Bahkan pada tahun 2019 ini penyalahgunaan Narkoba oleh generasi muda naik sebanyak 28 persen seperti yang telah dikatakan BNN(Badan Narkotika Nasional), "Dari penelitian kami bahwa penyalahgunaan itu beberapa tahun lalu, milenial atau generasi muda hanya sebesar 20% dan sekarang meningkat 24% hingga 28%," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko kepada wartawan di The Opus Grand Ballroom, Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019).

      Telah banyak peredaran yang dilakukan oleh bandar narkoba dengan menggunakan internet seperti contohnya WhatsApp. Seperti Elliot Moris(Pengedar Narkoba) yang ditangkap oleh pihak kepolisian dengan cara mengidentifikasi sidik jadi yang dikirim melalui WA. Dari kasus ini dapat kita lihat bahwa teknologi sangat berperan penting dalam penangkapan Elliot.

Sekarang ini pihak Kominfo pun mulai memblokir dan mebatasi konten-konten yang terkait dengan masalah narkoba agar mampu mengurangi penyalahgunaan terhadap obat terlarang tersebut. Kita sebagai anak muda juga harus berani bertindak memerangi narkoba. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memerangi narkoba dengan teknologi saat ini.

Lalu bagaimana cara kita sebagai mahasiswa dalam memerangi narkoba melalui teknologi sekarang ini? Salah satu cara untuk memerangi narkoba adalah dengan memanfaatkan sosial media, dengan sosial media kita dapat saling berbagi pengalaman tentang bagaimana narkoba dapat merusak kehidupan sehingga orang-orang tidak berani menyentuh narkoba lagi. Beberapa cara lain untuk memerangi narkoba melalui internet, antara lain :

  • Melakukan gerakan anti narkoba di sosial media
  • Memberikan penjelasan tentang narkoba dan dampak
  • Membantu menangkap pengedar dengan saling bekerja sama jika mengetahui adanya sindikat pengedaran dan segera melaporkan pada pihak yang berwajib

Mari kita manfaatkan internet untuk memerangi narkoba agar tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang menjadi korban obat terlarang ini.