Mohon tunggu...
Geyonk
Geyonk Mohon Tunggu... Warga 62

Photomood, Saya dan kopi hitam .:: IG::.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Low Key Fotografi

14 Juni 2021   19:58 Diperbarui: 14 Juni 2021   20:18 76 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Low Key Fotografi
dok.pri

Chiarascuro dan Tenebris adalah aliran dari saudara tua fotografi, seni lukis. Aliran yang menampilkan perbedaan yang mencolok antara terang dan gelap, cahaya dan hitam. Ada kemudian berjalan menyapa lalu perlahan menghilang.

Tenebroso |dok.pri
Tenebroso |dok.pri

Sekilas terlihat mirip diantara keduanya namun dari yang saya pahami mereka sejatinya dipisahkan antara samar dan benar-benar tidak cahaya pada atmosfer sekitarnya. Bahkan beberapa pelukis membuat hitam menjadi negatif space-nya.

Sideofme |dok.pri
Sideofme |dok.pri

fireball |dok.pri
fireball |dok.pri

Dalam fotografi ada style yang mirip dengan  Chiarascuro dan Tenebris, dikenal dengan dark atau low key. Jika genre/style lain pencahayaan digunakan dalam menerangi subjek untuk mengurangi kontras, pencahayaan low key menciptakan kontras yang mencolok melalui pencahayaan yang dikurangi. Shade/shadow kini menjadi elemen utama dalam frame

Terlihat simpel untuk membuatnya namun mungkin membutuhkan waktu yang lama bahkan sepanjang jalan untuk bisa menguasainya menurut hemat saya, karena ini berbicara tentang iluminasi, isolasi dan eliminasi, menambahkan dan menghilangkan pencahayaan.

mbulan |dok.pri
mbulan |dok.pri

Mulai dari mana?

Sama seperti genre lainnya pengetahuan dasar tentang fotografi dan segala macam teorinya sudah dikuasai atau minimal sudah tahu.  Selanjutnya hanya ada mulai mencoba. Fotografi low key membutuhkan banyak latihan dan selain bereksperimen dengan cahaya, jangan lupa juga harus mencoba dengan beragam subjek. Ada tiga jenis subjek dalam fotografi, netral(tidak banyak mematulkan cahaya, contoh kulit manusia), mengkilat, dan transparan.

Seperti foto dibawah ini mungkin bisa jadi sarana bagus untuk latihan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN