Mohon tunggu...
Hobi

WikiLatih, Nulis Seru bareng Wikipedia

14 November 2018   11:07 Diperbarui: 14 November 2018   11:16 0 1 0 Mohon Tunggu...
WikiLatih, Nulis Seru bareng Wikipedia
dok. pribadi

Kemarin, 13 November 2018, kelas Jurnalisme Multimedia Ilmu Komunikasi Fisip UAJY kedatangan tamu dari Wikipedia Indonesia, mereka datang untuk memberikan pengetahuan dan informasi mengenai bagaimana menulis di Wikipedia dengan cara baik dan benar, selain itu mereka juga berbagi informasi mengenai program atau proyek yang sedang mereka kerjakan. 

Wikipedia merupakan situs ensiklopedia daring terbesar di dunia dan masuk dalam peringkat 5 besar situs terpopuler di dunia, dalam wikipedia, kita bebas untuk menulis dan dapat disunting oleh banyak orang, namun tidak mudah dalam menulis dan menyunting sebuah artikel di Wikipedia, kita juga harus memperhatikan beberapa aspek yang telah di atur Wikipedia, hal-hal itu adalah

  1.  Plagiarisme

        mengenai hak cipta, Wikipedia sangat memperhatikan, maka dari itu Wikipedia mewajibkan penggunaan refrensi yang jelas agar tidak terjadi                       pelanggaran hak cipta.

       2.  Rujukan yang kredibel

       Menulis artikel di Wikipedia harus menggunakan rujukan yang kredibel, hal ini bertujuan agar para pembacanya tidak 'terbodohi' dengan rujukan               yang tidak valid. Semua rujukan yang di cantumkan harus memiliki nomer dokumen, seperti ISSN, DOI.

       3. Netralitas

       Dalam menulis artikel di Wikipedia, kita harus menjaga netralistas kita, hal ini berfungsi agar artikel yang kita buat isinya berimbang, tidak                             merugikan pihak manapun, dan juga agar masyarakat umum dapat menerima informasi dengan baik.

       4. Deskriptif

       Dalam menulis artikel Wikipedia kita diharuskan untuk menjelaskan dengan detail hal yang kita tulis, hal ini bertujuan agar informasi yang                            diberikan tidak setengah setengah, lengkap dan terpercaya, selain itu penjelasan harus ditulis dengan paragraf bukan dengan poin-poin.

Lalu, apa manfaat menulis di Wikipedia ? berikut ini adalah manfaatnya

  •  Meningkatkan minat baca-tulis
  • Literasi Informasi
  • Belajar menggunakan kutipan dan refrensi
  • Mengenal hak cipta
  • Mengasah berpikir kritis
  • Belajar pengkodean
  • Kolaborasi
  • Etika daring 

Wikimedia Indonesia mempunyai beberapa proyek yang sedang dijalankan, yaitu Digitalisasi Konten 2018, Cipta Media, WikiLatih, Wikimedia menyang sekolah, Creative Commons Indonesia, Wiki Cinta Budaya, dan WikiDendang, proyek-proyek tersebut sedang dilaksanakan di seluruh Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x