Mohon tunggu...
Genoveva SekarJemparing
Genoveva SekarJemparing Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis lepas yang masih belajar sembari berkelakar

Halo, salam kenal ! Nama saya sudah tertera, setelahnya terserah anda ingin memanggil saya dengan kata yang mana. Genoveva, Sekar, atau Jemparing. Itu tidak terlalu penting. Terlebih penting, silahkan membaca sejenak hasil pemikiran di larut malam saya. Dengan harap-harap cemas, saya tunggu kritik, saran, atau respon Anda. Sampai berjumpa di dunia nyata dari saya yang sangat suka musik, alam terbuka dan senja.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Srintil, Sumber Kehidupan Sekaligus Penentu Nasib Padukuhan Paruk dalam Film Sang Penari (2011)

24 September 2020   22:30 Diperbarui: 26 Oktober 2020   06:21 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penari Ronggeng boleh jadi kebanggaan desa yang membesarkannya. Dielu-elukan dan dipamerkan ke desa hingga kota seberang. Sayang sekali, rasa cinta yang teramat membuat warga terlena untuk memujanya. Segala peristiwa yang menimpa desa, dipusatkan kepada Srintil, Sang Ronggeng. Sudah menjadi budaya, bahwa hakikat penari Ronggeng adalah sumber mata air padukuhan. Bila penuh air, berkecukupan, bila kering, kesusahan. Dari beragam paradigma, film Sang Penari (2011) dengan fokus di atas memiliki paradigma fungsionalisme. 

Film selalu membawa pesan atau makna tersembunyi. Bisa berupa teka-teki alur, bisa juga berupa sudut pandang.

Sudut pandang untuk memandang maksud dari cerita yang disampaikan film bernama paradigma.

Mungkin anda mulai mengingat kembali atau menyimpulkan pernah mencari paradigma suatu film usai menontonnya bersama kekasih, rekan, atau keluarga.

Tribun Jabar - Tribunnews.com
Tribun Jabar - Tribunnews.com
"Ohh ini fokusnya disatir kelas sosial masyarakat"

"Kalau sutradaranya si A, filmnya pasti bikin bingung pakai logika sains gitu"

Paradigma disisipkan oleh mereka yang melakukan proses produksi dan menuangkan ide di dalam film, terutama sutradara.

Lalu, bagaimana cara menguak paradigma yang ada pada sebuah film ?

Pada artikel kali ini, anda akan diajak mendalami salah satu paradigma bernama fungsionalisme menggunakan satu film karya anak bangsa, Sang Penari (2011).

Paradigma Fungsionalisme, Paradigma yang Berkacamata dari Masyarakat

Paradigma bisa dikatakan sebagai suatu sudut pandang atau cara pandang.

Di luar perfilman, anda pasti sudah tahu bahwa paradigma berkaitan dengan hal-hal penelitian atau ilmuwan. Paradigma menjadi sebuah dasar untuk berpikir dalam mengkaji suatu fenomena, budaya hingga sosial.

Dalam ranah perfilman, paradigma memiliki fungsi tersendiri. Paradigma membantu batasan dalam ketika anda menginterpretasi makna atau nilai dari film.

Paradigma menuntun anda untuk berjalan lurus ketika menganalisa fenomena yang paling menonjol dari film.

eQuator.co.id
eQuator.co.id

Paradigma yang digunakan untuk bahasan kali ini adalah paradigma fungsionalisme. Dalam Winda Rahmadai (2017), paradigma fungsionalisme digunakan untuk menggali mitos.

Fungsionalisme memiliki asumsi tentang kehidupan masyarakat dalam aspek sosio-budaya ibarat tubuh manusia. Saling bergantung satu sama lain serta tidak dapat dipisahkan.

Begini kunci utama dari paradigma ini, keberlangsungan dinamika kehidupan aspek sosio-budaya bisa bertahan ketika tiap individu dalam masyarakat menggantungkan diri satu sama lain dan menggunakan fungsinya satu sama lain.

Keteraturan yang terjadi membuat hidup masyarakat berjalan baik.

Maka, ketika ada suatu hal yang merusak tatanan, itu dikatakan sebagai sebuah penyakit.

Pembahasan kali ini, anda akan diberikan suguhan hasil telaah mengenai fenomena yang ada dalam sebuah film.

Ronggeng Dukuh Paruk, Penari Molek Pembawa Kunci Keberlangsungan Hidup Padukuhan Paruh dalam Sang Penari (2011)

Sang Penari (2011) sebelumnya merupakan sebuah novel dengan judul Ronggeng Dukuh Paruk. Novel yang terbit ditahun 1982 tersebut adalah bagian dari trilogi yang ditulis oleh Ahmad Tohari.

BiografiKu.com
BiografiKu.com
Hingga kemudian pada tahun 2011, Ifa Isfansyah merilis karya film berdasarkan novel tersebut. Disarankan anda menonton dan mengapresiasi film ini dikala senggang.

Film digarap tidak jauh berbeda dengan novel. Srintil yang dari kecil berkenginan untuk menjadi Ronggeng di Dukuh Paruh tempatnya dibesarkan dengan Rasus seorang pemuda desa yang tumbuh gagah di bawah didikan militer.

Paradigma yang terlihat dalam film ini adalah paradigma fungsionalisme.

Tatanan sosial dalam masyarakat Paruk memiliki fungsinya masing-masing serta saling berkaitan. Tanpa terkecuali Srintil yang diperankan oleh Prisia Nasution.

Wijatnika Ika
Wijatnika Ika
Ronggeng dalam Dukuh Paruk membawa kehidupan. Roh yang ada dalam penari membawa rejeki dan nyawa kehidupan desa.

Ketika penari menua dan meninggal, desa terasa hampa dan tidak bergairah. Sebaliknya ketika mereka menemukan pengganti penari lama, warga berbinar berpesta beberapa malam hingga kegiatan panen berjalan lancar.

Kehadiran Ronggeng tidak hanya ditentukan oleh takdir, tetapi juga merupakan campur tangan dari dukun tetua desa. Sepasang suami istri yang mendidik, memingit, dan 'menjajakan' Srintil sang penari primadona desa.

Srintil adalah bagian dari desa. Yang boleh memilikinya hanya desanya. Maka ketika orang asing masuk mengubah sistem, mengadu domba warga, menarik Srintil, Dukuh Paruk menjadi kacau berantakan.

Bersatoe.com
Bersatoe.com

Anda mendapatkan poinnya di sini bukan ?

Srintil memang individu yang menggapai mimpinya. Namun, mimpinya merupakan sistem dari budaya yang ada di Dukuh Paruk. Kehadirannya sangat berpengaruh terhadap proses kehidupan sosio dan budaya yang ada.

Maka, ketika Srintil kehilangan pamornya, desa redup dan hilang nyawa.

Ronggeng Dukuh Paruk merupakan bentuk produk sosio-budaya yang memiliki fungsi tersendiri berkaitan dengan desa. Ronggeng Dukuh Paruk juga sebuah fenomena yang lekat dengan Dukuh Paruk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun