Mohon tunggu...
MuhBilal Hermana
MuhBilal Hermana Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Wisata Alam Kali Biru Yogyakarta

13 April 2018   05:27 Diperbarui: 13 April 2018   08:25 867 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata Alam Kali Biru Yogyakarta
sumber photo by flicker

Kalibiru mungkin dulu masih banyak dipandang dengan sebelah mata, namun tidak untuk saat ini. Hal ini berubah setelah beberapa tempat wisaata alam di Kulonprogo menjadi perbincangan dikalangan para traveler. Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata yang saat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun manca negara. 

Pemandangan alam yang indah dan mempesona merupakan daya tarik sendiri dari tempat wisata yang satu ini.

Kalibiru adalah salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Kulon Progo yang dulunya merupakan sebuah desa yang tandus karena aksi pembakaran hutan. Akan tetapi berkat usaha para penduduk untuk menghutankan desa, Wisata Kalibiru saat ini digunakan sebagai tempat wisata yang dapat meningkatkan perekonomian dan menjadi sumber penghidupan bagi warga sekitar. Wisata alam Kalibiru dulu berada di hutan milik pemerintah akan tetapi sekarang sudah dikelola oleh masyarakat setempat dan dijadikan tempat wisata edukasi dan wisata alam.

Tempat wisata alam Kalibiru ini terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogro. Provinsi DIY. Berjarak kurang lebih 40 Km dari pusat kota Yogyakarta, atau hanya berjarak 10 Km dari Kota Wates Ibukota Kulonprogo. Lokasi dari Kalibiru juga tidak jauh dari obyek wisata Waduk Sermo. 

Waduk Sermo sendiri merupakan salah satu tempat wisata andalan kota Kulonprogo. Hutan wisata Kalibiru ini merupakan hutan wisata yang dilengkapi dengan gardu pandang, jalur trekking, camping ground, homestay dan fasilitas outbond. Karena letaknya dipegunungan Menoreh maka memiliki suhu yang sejuk dan udara yang segar, serta dapat menikmati pemandangan Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh yang menghijau.

Kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Kalibiru?

Saat yang tepat untuk berkunjung ke wisata alam  Kalibiru adalah pada waktu sore hari, karena kita akan melihat senja yang mulai berganti malam dengan menyaksikan sang mentari yang mulai ke peraduan. Dari puncak gardu pandang yang ada disebuah pohon pinus yang terletak dipinggir jurang, kita dapat merasakan sejuknya hembusan udara yang dapat menyejukan pikiran kita dan membuat hati kita menjadi lebih tenang.

Waktu terbaik mengunjungi Kalibiru adalah pada musim penghujan terutama di pagi dan sore hari. Ini karena pada saat musim hujan pemandangannya akan terlihat hijau dan asri. Namun meskipun demikian, sebaiknya mengunjungi tempat wisata alam Kalibiru ini ketika cuaca sedang cerah. Untuk perlengkapan mengunjungi Kalibiru juga harus diperhatikan.

 Gunakanlah pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana. Bagi kaum wanita sebaiknya hindari menggunakan rok atau dress. Karena untuk menikmati pemandangan alam di Kalibiru kita harus naik ke spot foto gardu pandng yang ada di sana.

Fasilitas wisata alam Kalibiru :

  • Mushola. 
  • Homestay
  • Kamar mandi dan Toilet bersih dan terawat
  • Arena bermain Flying Fox dan Outbond
  • kios-kios penjual makanan
  • parkiran yang luas

Rute Menuju Kalibiru Yogyakarta

Ada beberapa rute yang dapat ditempuh jika dari pusat Kota Jogja, kita dapat memilih rute perjalanan dari Yogyakarta -- Wates -- Waduk Sermo atau Yogyakarta -- Sentolo -- Waduk Sermo. Rute paling mudah dari kota yogyakarta adalah menuju ke arah barat menuju kulon progo. Kita dapat melewati jalan jogja-wates, setelah memasuki wilayah kota wates dengan tanda patung kuda di tengah jalan, belok kanan menuju ke alun-alun wates. 

Setelah sampai di alun-alun Wates ambil arah barat naik ke arah waduk sermo. Setelah sampai di waduk sermo masuk ke arah waduk, ikuti jalan nya, nanti di kanan jalan sudah ada petunjuknya. Tapi setelah waduk sermo jalan ke arah wisata alam kalibiru  cenderung menanjak dan terjal, jadi pastikan sepeda motor atau mobil kalian dalam kondisi prima.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x