Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Presidensi G20 Indonesia: Momen Promosikan Produk Indonesia Lewat Kata Kunci Tunggal

4 April 2022   20:29 Diperbarui: 4 April 2022   20:36 145 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sesuai rencana, pada 15-16 November 2022 nanti puncak forum internasional G20 akan kembali dihelat. Untuk G20 kali ini, Indonesia mendapat giliran sebagai tuan rumahnya.

Secara resmi, Indonesia memegang Presidensi Group of Twenty (G20) selama setahun penuh yang dimulai pada 1 Desember 2021. Dalam rentang waktu satu tahun itu, Indonesia memimpin G20 dengan mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger".

Sebagaimana yang diinformasikan, pada Presidensi G20 Indonesia ini, ada tiga topik utama yang akan diangkat. Pertama, sistem kesehatan Dunia; Kedua, transformasi ekonomi dan digital; dan yang ketiga transisi energi.

Dengan tema yang diusungnya ini, Indonesia seluruh dunia untuk bersama-sama mencapai pemulihan yang lebih kuat sekaligus berkelanjutan. Melalui forum ini juga Indonesia berkesempatan mendorong upaya kolektif dunia mewujudkan kebijakan yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi global secara inklusif.

G20 Momen Tepat Tingkatkan Promosi Produk Indonesia

Konferensi Tingkat Tinggi G20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama, yaitu Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki. Keanggotaan G20 masih ditambah lagi dengan Uni Eropa (EU). 

Dari hitung-hitungan populasi, forum internasional yang rencananya digelar di Nusa Dua, Bali, ini telah merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi. Sedangkan ke-60 persen populasi dunia itu menguasai 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.

Seperti perhelatan puncak G20 sebelumnya, puncak G20 kali ini pun akan menarik perhatian dunia. Bahkan, akibat meletusnya perang antara Rusia-Ukraina, perhatian masyarakat internasional pada puncak G20 kali ini bakal lebih besar dari sebelumnya.

Atas dasar itulah, G20 merupakan peluang besar bagi Indonesia selaku tuan rumah untuk lebih mengenalkan pariwisata dan produk unggulannya, khususnya produk UMKM, kepada dunia internasional. Dengan demikian, ajang G20 diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia.

Peluang tersebut juga dipaparkan dalam "Tentang Presidensi G20 Indonesia 2022" yang diunggah Kominfo.go.id.

Di situ tertulis, "Membuat Indonesia menjadi salah satu fokus perhatian dunia, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan keuangan."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan