Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

PON XX Papua: Momentum Menkominfo Johnny Plate Galakkan Pariwisata Papua

12 Oktober 2021   11:56 Diperbarui: 12 Oktober 2021   12:00 205 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menkominfo Johnny G Plate (Sumber Indonesiatech.id)

"PON XX Papua ini juga bisa berhasil dengan baik karena didukung dengan 5G experience, yang dilakukan oleh Telkomsel di Media Center Kominfo di sini," ujar Menkominfo Johnny G Plate saat meninjau Media Center Kementerian Kominfo, di Kabupaten Jayapura, Papua, pada 7 Oktober 2021.

Menteri penilaian Johnny, meskipun Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua berlangsung di masa pandemi, namun pagelaran olahraga nasional itu dapat berjalan dengan baik. Kesuksesan PON XX ini tidak lepas dari layanan telekomunikasi jaringan 5G serta penyebaran informasi yang cepat dan luas.

Lebih lanjut Johnny Plate pun juga berharap PON XX Papua ini bukan hanya sekadar momen olahraga saja, melainkan juga momentum untuk mendorong transformasi digital di Papua dan Papua Barat.

"Oleh sebab itu kerja sama kita dalam menghadirkan infrastruktur antara Kominfo dengan pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota sangat penting karena banyak bagian dari pembangunan itu membutuhkan koordinasi tata ruang wilayah," ujar Menkominfo melanjutkan.

Bagi Kemkominfo, ajang PON Papua XX 2021 tak hanya soal kompetisi di bidang olahraga, tapi juga unjuk gigi kemampuan layanan 5G yang tengah disiapkan di lokasi digelarnya PON XX ini.

"PON adalah etalase Papua dan Indonesia di lingkungan global. Kita bisa menyampaikan pada dunia bahwa kita bisa menyelenggarakan pesta olahraga di tengah pandemi dengan tetap mentaati protokol kesehatan," kata Menkominfo Johnny G Plate.

Untuk itu Johnny Plate harus menggerakkan kementerian yang dibawahinya untuk membangun ekosistem daring bagi pelaku pariwisata di Papua, agar bertransformasi digital atau meng-go digital-kan usahanya.

PON XX Papua: Momentum Menkominfo Johnny Plate Promosikan UMKM Papua

Bisa dikatakan, Papua memiliki potensi pariwisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan domestik dan asing. Alam yang dimilikinya masih asli, budaya yang khas dan unik yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya di Indonesia dan mancanegera, termasuk salju abadi di pegunungan tengah dan taman Nasional Lorentz yang luasnya mencapai 2.505.600 ha. Sayangnya, masih banyak yang belum disentuh bahkan ditata untuk menjadi destinasi wisata.

Saat menyampaikan Program Tol Langit pada 28 Juni 2021, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan Program Tol Langit yang tengah dibangun pemerintah ditujukan juga untuk mendukung upaya percepatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan hingga ke seluruh penjuru Tanah Air, termasuk Papua dan Papua Barat.

"Program Tol Langit merupakan sebuah konsep akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan, ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan komunikasi untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia," ujar Ma'ruf Amin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan