Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Administrasi - Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Semarakkan HUT Ke 76 RI, Menkominfo Johnny Plate Dukung Penuh Rumah Digital Indonesia

31 Juli 2021   11:45 Diperbarui: 31 Juli 2021   12:00 106 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Semarakkan HUT Ke 76 RI, Menkominfo Johnny Plate Dukung Penuh Rumah Digital Indonesia
Foto layar laman depan RumahdigitalIndonesia (Dok. Pri)

Dengan mengangkat tema "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh", perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia tahun ini kembali digelar. Seperti empat tahun sebelumnya, yaitu sejak pemerintah telah menginisiasi Bulan Kemerdekaan pada 2017, sejumlah acara kembali dihelat, mulai dari Zikir dan Doa Kebangsaa sampai Festival Kebangsaan. 

Namun, peringatan kali ini akan digelar secara sangat minimalis mengingat situasi pandemi COVID 19.  Oleh karenanya, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, peringatan HUT Ke 76 RI kali ini berpindah ke platform-platform digital. 

Pada tahun ini, suasana kemerdekaan secara digital dapat dinikmati masyarakat melalui kanal Rumah Digital Indonesia (RDI)selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021. 

Rumah Digital Indonesia Semarakan HUT Ke 76 RI 

Lewat aplikasi  RDI yang baru bisa diakses pada 1 Agustus 2021 ini, berbagai acara, mulai dari panggung nasional, arena lomba 17-an, ruang seni dan budaya, ruang komunitas, pasar lokal, ruang literasi digital, petualangan nusantara, dan wajah Indonesia dapat diakses dan dinikmati bersama.

Arena Lomba 17-an. Di arena perlombaan ini, masyarakat bisa mengikuti lomba khas 17-an seperti lomba balap karung, makan kerupuk, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.

Ruang Seni dan Budaya. Di sini masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian budaya Indonesia, antara lain berupa tarian nasional dan kedaerahan, pembacaan puisi, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik daerah dan nasional.

Rumah Digital Indonesia juga membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengirimkan karya ke tautan di sini sebelum 20 Agustus 2021. Karya terpilih akan ditampilkan di Ruang Seni dan Budaya agar bisa ditonton seluruh masyarakat Indonesia.

Sementara, lewat Ruang Komunitas, masyarakat bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat pada segmen Cerita Kemerdekaan, Cerita Indonesia, Cerita Diaspora. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses filter photobooth perayaan kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Selain itu ada juga "Petualangan Nusantara dan Wajah Indonesia". Ruang ini menyajikan peta interaktif dengan berbagai informasi tiap provinsi, mulai dari wisata, kuliner khas, hingga Wajah Indonesia yang menampilkan sosok pahlawan lokal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan