Mohon tunggu...
Gatot Swandito
Gatot Swandito Mohon Tunggu... Gatot Swandito

Yang kutahu aku tidak tahu apa-apa Email: gatotswandito@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Rocky Gerung Benar, Legitimasi Jokowi Ada pada Prabowo

7 Juli 2019   10:37 Diperbarui: 7 Juli 2019   10:51 3574 13 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rocky Gerung Benar, Legitimasi Jokowi Ada pada Prabowo
Rocky Gerung (Sumber Kompa.tv)

Rocky Gerung benar. Benar seutuhnya benar. Seperti yang diucapkan Rocky saat tampil di program Indonesia Lawyers Club (ILC) yang ditayangkan langsung  TV One pada 3 Juli 2019, Jokowi memang dimenangkan secara legal. Tetapi, sayangnya, legitimasi ada pada Prabowo.

"Saya menganggap, Pak Jokowi dimenangkan secara legal, tetapi legitimasi ada pada Prabowo,"kata lelaki jebolan Universitas Indonesia yang digelari "professor" ini.

Dengan hanya mengucapkan satu kalimat dengan anak-anak kalimatnya, Rocky sudah menunjukkan tingkat kecerdasan. Kecerdasan tingkat dewa yang tidak terjangkau oleh pendukung Jokowi dan pendukung Prabowo, sekalipun keduanya disatukan.

Karena rentang level kecerdasan keduanya, kalimat "Saya menganggap, Pak Jokowi dimenangkan secara legal, tetapi legitimasi ada pada Prabowo" yang diucapkan Rocky direspon berbeda oleh pendukung Jokowi dan pendukung Prabowo.

Pendukung Jokowi misuh-misuh di dalam kolam buteknya. Sambil berenang kian kemari para pendukung Jokowi menstempel "sesat pikir", "cacat logika", dan juga "gagal paham" pada kalimat yang dicelotehkan Rocky.  

Sebaliknya para pendukung Prabowo yang bergelayutan di ranting pohon cendana merasa mendapatkan amunisi batunya. Batu itu kemudian dilemparkan ke sana ke mari. Tidak lupa, seperti biasanya, para pendukung Prabowo melakukannya sambil menakbirkan asma Tuhan.

Karena Jokowi Memang Dimenangkan

"Jokowi dimenangkan secara legal". Legal, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring artinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau hukum. Jadi, "Jokowi dimenangkan secara legas" artinya Jokowi dimenangankan "sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau hukum".


Dalam kalimat yang diucapkannya itu, mantan dosen filsafat ini tidak menyebut obyek. Hanya subyek, predikat, dan keterangan. Tetapi, menurut hukum, obyek dalam kalimat yang diucapkan Rocky adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena KPU-lah yang secara konstitusional berwenang menetapkan pemenang pemilihan umum, termasuk Pilpres 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x