Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Administrasi - Swasta

life through a lens.. = Selamat datang September ceria... =

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Memahami Gangguan Kepribadian Ganda Melalui Film "Split"

21 September 2022   20:53 Diperbarui: 21 September 2022   21:15 126 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kepribadian ganda. (sumber: Clker-Free-Vector-Images/Pixabay)

Tahun 2017 lalu ada film yang sangat menarik berjudul "Split". Film bergenre horror/thriller yang disutradarai oleh M. Night Shyamalan ini merupakan sekuel spin-off dari film "Unbreakable" yang dirilis tahun 2000 silam.

Karakter utama Kevin Wendell Crumb dikisahkan memiliki 24 kepribadian yang berbeda. Tetapi dalam film ini hanya ada beberapa kepribadian yang muncul dimana setiap kepribadian memiliki namanya sendiri.

Mereka adalah Dennis si penculik gadis-gadis, Patricia si wanita keibuan dan pelindung, Hedwig si kanak-kanak, Barry si pengontrol kepribadian lainnya, Orwell si cerdas dan penyuka sejarah, Jade si wanita pengidap diabetes dan The Beast yang bengis dan kejam. Agar penonton lebih mudah mengikuti jalannya cerita, masing-masing kepribadian mengenakan pakaian yang berbeda. (catatan: penjelasan lengkap tentang 24 kepribadian Kevin bisa dibaca lebih jauh di laman Fandom Shyamalan)

Fakta bahwa Kevin memiliki sekian banyak kepribadian yang berbeda diketahui oleh karakter psikolog wanita bernama Dr. Karen Fletcher. Kevin kerap berkonsultasi dengan Karen tentang kehidupannya.

Aktor Inggris James McAvoy terbilang sukses memerankan karakter Kevin dan semua kepribadiannya. Kita bisa merasakan ada perbedaan karakter dari setiap kepribadian itu. Sayang sekali akting menawan McAvoy tidak diganjar piala Oscar.

Film ini juga menjadi semacam mendorong karir Anya Taylor-Joy di dunia film. Kelak ia akan dikenal luas lewat film-film seperti "Emma" (2020), "Last Night in Soho" (2021) dan miniseri terkenal "The Queen's Gambit" (2020). Di film "Split", Taylor-Joy memerankan Casey Cooke, salah satu dari tiga gadis yang diculik oleh Kevin atau Dennis.

Saya ingat saya sempat tertegun usai menonton film yang mindblowing ini. Cukup lama saya duduk di kursi bioskop hingga akhirnya bangkit setelah studio sepi. Saya berpikir, bagaimana kalau orang seperti Kevin ada di dunia nyata?

Baru-baru ini saya jadi teringat film itu lagi dan membuka YouTube untuk mencari trailer film itu. Berikut trailer film "Split" yang terdiri dari dua versi.

Trailer film tersebut mengandung kata-kata psikolog Karen yang membuat saya ingat pada adegan dimana Karen sedang melakukan diskusi atau rapat online dengan koleganya. Karen mengatakan bahwa "otak adalah obyek paling kompleks yang ada di alam semesta". Di trailer lainnya, ia mengatakan dengan lugas bahwa "individu dengan kepribadian ganda bisa mengubah kimiawi tubuh mereka dengan pikiran mereka".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan