Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Administrasi - Swasta

life through a lens.. = Selamat datang September ceria... =

Selanjutnya

Tutup

Raket Artikel Utama

Petenis Roger Federer Resmi Pensiun

17 September 2022   19:25 Diperbarui: 22 September 2022   10:19 607 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Petenis Swiss, Roger Federer mengumumkan pensiun dari tenis.| Dok AFP Photo/Frederic J Brown via Kompas.com

Kamis malam kemarin (16/9/22) ada kabar lumayan mengejutkan. Petenis top Roger Federer mengabarkan kepada dunia bahwa ia akan gantung raket. Kapan? Akhir bulan ini, usai mengikuti turnamen Laver Cup di London, Inggris yang diadakan 23-25 September 2022 nanti.

Surat pengunduran dirinya yang ia buat di Swiss bertanggal 15 September 2022 telah ia rilis di akun Twitter-nya @rogerfederer. Bersamaan dengan surat tersebut, Federer juga mengunggah sebuah video singkat dirinya yang membacakan suratnya tersebut.

Roger Federer dalam sebuah turnamen tenis. (sumber foto: The Indian EXPRESS)
Roger Federer dalam sebuah turnamen tenis. (sumber foto: The Indian EXPRESS)

Tidak butuh waktu lama, cuitan Federer pun trending bahkan tagar #Roger sempat menjadi nomor satu global pada Kamis (15/9/22) menjelang tengah malam. Beberapa saat kemudian, video Federer akan pensiun diunggah ulang oleh channel Guardian Sport.


Satu-satunya hal yang membuatnya mengambil keputusan untuk undur diri dari karier tenisnya adalah cedera. Selama tiga tahun terakhir Federer harus berjuang melawan cedera lutut yang membuatnya harus menjalani operasi. Lebih lanjut, ia menyadari akan kapasitas dan kemampuan tubuhnya di usianya yang telah menginjak 41 tahun.

Dalam surat tersebut, Federer memang mengatakan akan mundur. Akan tetapi ia masih akan berkiprah di tenis namun tidak mengikuti turnamen grand slam atau pun tur (ATP Tour).

Turnamen terakhir yang diikuti Federer adalah grand slam Wimbledon 2021 di mana disingkirkan oleh Hubert Hurkacz dari Polandia di babak perempat final. Itu adalah satu dari serentetan kekalahan Federer di babak awal di sepanjang tur yang ia ikuti tahun 2021.

Cedera lutut yang ia derita berdampak pada pergerakan kakinya di lapangan. Di masa jayanya, footwork Federer adalah salah satu yang paling mengesankan, selaras dengan gaya permainannya yang agresif. 

Pergerakan kakinya yang lincah tapi smooth membuatnya mampu meng-cover lapangan dengan groundstrokes dan volley yang membuat lawan-lawannya terperanjat.

Federer adalah petenis all-round yang tiada duanya. Ia sukses di semua jenis lapangan, terbukti dengan 20 gelar dari semua turnamen grand slam. Itu belum gelar di turnamen lainnya yang bila ditotal ada lebih dari 100 gelar juara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan