Mohon tunggu...
galih pratama
galih pratama Mohon Tunggu... -

Menyatulah dengan alam, coba selami cara alam bergerak dan bereaksi, sayangi Ia. Setelah itu baru namakan dirimu manusia.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Bukan Sekedar Campursari Biasa

16 Agustus 2016   05:16 Diperbarui: 16 Agustus 2016   07:24 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa reaksi lo ketika lo denger lagu campursarinya Didi Kempot ??

Kebanyakan pasti ngerutin dahi plus ngerasa kampungan, ndeso, pokoknya enggak banget dah tu lagu, apalagi didengerin sama anak jaman sekarang, gue jamin kuping mereka bakal keluar cairan warna ijo kentel kekuning-kuningan.

Jujur aja, gue dulu kayak gitu, suka ngetawain orang yang denger lagu campursarinya Mas Didi Kempot. Gak tau apa yang salah sama doi, karna dulu belum ngerti gimana caranya mengapresiasi sebuah karya seni.

Tapi kali ini, berkat klinik Conge Tong Seng gue agak sehat sedikit. Mulanya gue iseng nyari lagu-lagu campursari, entah waktu itu gue kenapa mau nyari lagu beginian, gak sengaja nemu campursari versi jazz bossanova. Yap, Bossanova Jawa yang udah ngeluarin beberapa volume dengan mengcover lagu-lagu campursari bukan hanya dari Didi Kempot saja, tapi yang paling gue suka hanya beberapa dari sekian banyak lagu dengan aransemen tersebut diantaranya, Tanjung Mas Ninggal Janji, Sewu Kuto, Stasiun Balapan, Terminal Tirtonadi, Alun Alun Nganjuk, yang semuanya dulu kalo gue dengerin lagu itu pasti teriak sambil ngakak.

Sekarang, gue bisa nikmatin lagu yang gue sebutin tadi agak sedikit berkelas, semua dikemas jadi keren, dan gue yakin kalo itu Bossanova Jawa diputerin di cafe-cafe pasti masih bisa diterima sama kuping anak muda dan tante-tante hedonis.

Nah, yang mau gue bahas disini ada dua, pertama aransemen, kedua lirik lagunya.

Sampe gue bikin tulisan ini, gue belum sempet nyari tau siapa yang bikin aransemen keren macem Bossanova Jawa ini, yang pasti mereka kumpulan orang-orang jenius yang mengerti dibidangnya, sehingga mereka bisa bikin nada yang kedengeran biasa jadi luar biasa. Si komposer atau Music Director atau apalah namanya, bisa bikin nada jadi antimainstream, gue tau itu yang dimainin bada major/minor, tapi kyak ada alternatif nada yang dibuat, misal kord A major ver 1, A major ver 2, dst. Buat gue itu jenius, walaupun gue gak begitu paham banget soal musik Jazz. Mereka bisa bikin musik yang tadinya kampungan jadi berkelas buat gue itu, spechless lah.

Untuk vokal, nice, suara seksi dari Liesta dan Dian Kusuma bener-bener bikin nuansa Jazz jadi lebih greget kalo kata kang Yayan. Lo bayangin cewek nyanyi bahasa jawa tapi gak kentara medok, justru dibuat seksi dan bergairah.

Oke kita masuk ke Lirik, gue baru sadar setelah gue cari arti dari lagunya Didi Kempot yang gue sebutin diatas, konsepnya semua sama, ditinggal pergi sama pacar terus nungguin lama sampe kempot, makanya dinamain Didi Kempot (Asli becanda).

Coba lo resapi lirik yang gue ambil dari judul lagu "Tanjung Mas Ninggal Janji" ini :

"Bebasan kaya ngenteni
Udan ing mangsa ketiga
Snajan mung sedela ora dadi ngapa
Penting bisa ngadhemke ati"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun