Mohon tunggu...
Galuh Prihasti
Galuh Prihasti Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UNS

Relawan KKN UNS Era Covid-19

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Supporting Pemahaman Mengenai Covid-19 pada Masyarakat Desa Bulukerto RT 01/RW 05, Sewurejo sebagai Upaya Tanggap Pandemi

15 Juli 2020   11:22 Diperbarui: 15 Juli 2020   11:23 11 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Supporting Pemahaman Mengenai Covid-19 pada Masyarakat Desa Bulukerto RT 01/RW 05, Sewurejo sebagai Upaya Tanggap Pandemi
dok. pribadi

Pada bulan juni 2020, Indonesia mencatat jumlah kasus positif infeksi virus corona tertinggi di ASEAN dengan total kasus positif mencapai angka 41.431. Adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak secara merata pada berbagai sektor kehidupan baik pendidikan, ekonomi, interaksi sosial, dan yang utamanya kesehatan.

Universitas Sebelas Maret sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tanggap wabah Covid-19 sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan KKN dilakukan secara individu oleh masing-masing mahasiswa Universitas Sebelas Maret di daerah tempat tinggalnya dengan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan KKN berlangsung sejak tanggal 15 Mei sampai dengan 30 Juni secara daring dan juga secara langsung dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan.

Saya, Abdillah Galuh Prihasti (K3317001) mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UNS menjadi salah satu relawan KKN UNS Era Covid-19 dengan tema "Supporting pemahaman masyarakat terhadap Covid-19"  di desa Bulukerto RT 01/RW 05, Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Saya tergabung dalam kelompok 47 KKN UNS Era Covid-19 Batch II dengan Dosen Pembimbing Lapangan Prof. Dr. Warto, M. Hum.

Kegiatan yang saya lakukan selama KKN antara lain yaitu pemberian informasi tentang bahaya dan penyebaran COVID-19 pada warga RT. 01/RW. 05 melalui WhatsApp Group dan instagram, pemberian informasi pentingnya CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), pembuatan video tutorial CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dengan benar sesuai anjuran WHO, pembagian hand wash pada warga RT. 01/RW. 05 langsung secara door to door, pembuatan video tutorial membuat hand wash dan cara membuat masker kain yang kemudian disebarluaskan melalui media sosial dan youtube, pembagian masker untuk warga RT.01/RW.05 langsung secara door to door, pemberian bahan disinfektan yang kemudian digunakan untuk menyemprot rumah warga, serta pendampingan belajar untuk anak-anak desa Bulukerto RT 01/RW 05.

Kurangnya pemahaman masyarakat desa Bulukerto RT 01/RW 05 mengenai Covid-19 membuat saya tergerak untuk membantu memberikan pemahaman mengenai covid-19 yang saya realisasikan dengan pemberian informasi dan diskusi melalui Whatsapp grup dan Instagram serta mencetak MMT dan poster mengenai cara pencegahan Covid-19 yang kemudian ditempelkan di tempat umum. Selain itu saya juga memberikan informasi dan mensosialisasikan mengenai pentingnya mencuci tangan pakai sabun dengan membuat video cara mencuci tangan yang benar menurut WHO.

Selanjutnya saya juga membuat vide tutorial cara membuat sabun cuci tangan dan cara membuat masker dari kain perca yang kemudian disebarluaskan melalui media sosial dan youtube. Sabun cuci tangan yang sudah dibuat kemudian dibagikan kepada warga desa Bulukerto RT 01/RW 05 secara door to door, selain membagikan sabun cuci tangan, saya juga membagikan masker kepada warga dan mensosialisasikan pentingnya memakai maske saat keluar rumah dalam kondisi pandemic ini.

Masyarakat Bulukerto RT 01/RW 05 secara rutin melakukan penyemprotan rumah warga dengan cairan disinfektan setiap hari minggu, sehingga saya memberikan bantuan kepada masyarakat berupa cairan disinfektan. Penyemprtan rumah warga dilakukan untuk membantu mencegah dan mengurangi penyebaran virus covid-19.

dok. pribadi
dok. pribadi
Selama pandemic, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, sehingga membuat anak-anak menjadi malas belajar dan lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain gadget dan menontn televisi. Hal ini mendorng saya untuk melakukan pendampingan belajar secara langsung kepada anak-anak warga desa Bulukerto RT 01/RW 05 dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan yaitu menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat baik dari orangtua siswa sehingga kegiatan pendampingan belajar ini tetap berlanjut walaupun kegiatan KKN saya telah selesai.

Dengan terlaksananya kegiatan KKN UNS Era Covid-19 diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat desa Bulukerto RT 01/RW 05 terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x