Mohon tunggu...
Galih Anzani
Galih Anzani Mohon Tunggu... -

Kunjungi Blog Pribadi Saya di https://www.pengentauaja.com/

Selanjutnya

Tutup

Music

Manfaat Musik untuk Anak Usia Dini

11 Februari 2019   01:16 Diperbarui: 11 Februari 2019   02:42 1620
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Mungkin ada alasan kenapa kita dulu ketika menginjakan sekolah dasar, maka yang diajarkan kebanyakan adalah menyanyi. Kita tak pernah menghafalkan liriknya atau nadanya.

Yang kita tahu hari demi hari semakin lagu itu dinyanyikan kita juga ikut menyanyi layaknya kita pernah menghafalkan dan tahu maknanya. Ternyata memang musik dan nyanyian sangat bermanfaat buat anak usia dini lho...! Berikut penjelasannya:

Dalam Psikologi Belajar, kita tahu bahwa belajar akan lebih efektif bila kita tahu apa yang akan kita pelajari. Sekecil apapun pengetahuan tentang subjek yang kita pilih akan memudahkan kita memperoleh dan menggali informasi baru sekitar subjek tersebut.

Ketika anak dapat menghubungkan informasi baru dengan informasi lama yang sudah dimilikinya, anak akan lebih tertarik pada subjek tersebut. Dengan demikian anak akan dapat belajar dengan tujuan yang jelas.

Melalui musik anak akan menemukan cara belajar yang menyenangkan. Setelah menyanyikan lagu asing atau lagu yang berasal dari daerah lain, seperti lagu "Twinkel Twinkel", anak-anak akan mengenal kata-kata asing (bahasa inggris) beserta budayanya.

Melalui bernyanyi anak dapat meningkatkan kemampuan dan minatnya terhadap bahasa dan budaya bangsa lain. Lebih luas lagi melalui musik, guru dapat memperkenalkan dan merangsang ketertarikannya pada materi bidang ilmu yang lainnya, seperti berhitung/aritmatika, sosial, sains, dan sebagainya.

Dengan demikian proses belajar akan lebih mudah dan guru dapat membangun sebuah jaring-jaring ketertarikan belajar yang positif pada anak usia muda tersebut.

Pemanfaatan musik dalam kelas adalah sesuai dengan teori-teori belajar multisensory. Guru sebaiknya mengembangkan kemampuan auditif, kemampuan visual, kemampuan kinestetik anak sebagai salah satu cara memperkaya pengalaman belajar anak. Melalui musik sebagian besar kemampuan-kemampuan tersebut akan dapat difasilitasi.

Berbagai kemampuan didapat ketika bermain musik dan bernyanyi bersama

Kemampuan auditif dapat dikembangkan ketika anak-anak bernyanyi atau bermain musik bersama-sama. Sedangkan kemampuan visual dan kinestetiknya dikembangkan ketika anak-anak menggerak-gerakan tubuhnya mengikuti irama musik. Dan ketika anak-anak bermain alat-alat musik (memukul-mukul gendang kecil, emnggerak-gerakan lonceng dan sebagainya).

Musik juga dapat berfungsi sebagai alat yang membantu meningkatkan informasi2 yang terpendam dalam ingatan anak. Syair lagu "Kebunku" ciptaan ibu Sud yang berbunyi: "...lihat kebunku penuh dengan bunga, ada yang putih da nada yang merah...". akan membuka kotak ingatannya.

Anak akan mengingat kembali bunga yang berwarna merah dan bunga yang berwarna putih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun