Mohon tunggu...
Mimik Retno Budianti
Mimik Retno Budianti Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Berusaha menjadi apa yang orang butuhkan

Tidak ingin dikenang, hanya ingin menginspirasi bagi khalayak banyak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19

25 Juni 2021   20:27 Diperbarui: 25 Juni 2021   21:05 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkuliahan secara daring atau online bukanlah sebuah sistem baru yang kita dapatkan dalam dunia pendidikan, melainkan suatu sistem yang telah ada dengan perkembangan dunia secara teknologi. Menurut Husamah (2015) mengemukakan bahwa secara umum, pembelajaran tatap muka memiliki berbagai kelebihan terhadap pengajar maupun peserta didik, antara lain:

  • Disiplin formal yang diterapkan pada pembelajaran tatap muka dapat membentuk disiplin mental.
  • Memudahkan pemberian penguatan (reinforcement) dengan segera.
  • Memudahkan proses penilaian oleh pengajar
  • Menjadi wahana belajar berinteraksi terhadap peserta didik.

Maka dari itu kita sebagai mahasiswa yang melakukan kegitan perkuliahan secara online atau daring ini memanglah harus lebih beradaptasi dengan teknologi yang ada. Akan tetapi, teknologi yang ada tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena menurut sistem pendidikan yang sudah dianjurkan dan diharapkan dalam media digital daring ini masih sangat minim. Menurut Setyosari (2015) "Meskipun penggunaan sistem belajar online merupakan suatu yang relative mahal, namun dapat ditarik suatu manfaat yang sangat besar dari strategi tersebut baik bagi peserta didik maupun bagi pendidik. Mahalnya pembelajaran online juga masih bisa terjangkau menggantikan biaya transportasi ketika harus datang ke kelas."

Kuliah daring atau online ini merupakan satu-satunya cara yang dapat dilakukan di masa pandemi yang dimana merupakan cara yang sangat efektif karena selain dengan terhindarnya kita dari Virus Covid-19 kita mahasiswa juga merasa lebih gampang dalam melakukan pembelajaran karena mahasiswa bisa melihat kembali materi yang diajarkan, karena materi biasanya berupa modul yang dapat didownload dan tersimpan dalam PC atau laptop sehingga mahasiswa dapat melihat kapanpun. 

Akan tetapi sangat sulit bagi kita untuk melakukan interaksi sosial yang mengakibatkan mahasiswa jarang bersosialisasi dengan orang lain dan pembelajaran daring ini tidak sepenuhnya disambut baik oleh para mahasiswa, karena ada sebagian mahasiswa yang menganggap pembelajaran daring ini lebih menyulitkan dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Belum lagi kuota internet harus tersedia dan ini adalah kesulitan terbesar yang dialami mahasiswa, kendala pada jaringan, ketersediaan perangkat pembelajaran seperti laptop, tingkat pemahaman materi yang dirasa lebih baik jika melakukan kuliah tatap muka, dan juga tidak semua dosen dan mahasiswa siap mengoperasikan sistem pembelajaran daring dengan cepat, termasuk juga mempersiapkan bahan perkuliahan secara digital.

Aktivitas pembelajaran melalui daring membuat mahasiswa jenuh dan membosankan karena pembelajaran yang diikuti cendrung monoton. Data  yang diperoleh menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran daring terkesan tidak memperhatikan kebutuhan mahasiswa  dalam   mengikuti   aktifitas   pembelajaran. Sebagaian dosen melaksanakan kuliah daring dengan pemberian tugas langsung kepada mahasiswa melalui whatsap dan  google classroom  atau platform lainya untuk menggugurkan kewajiban semata. Pelaksanaan pembelajaran tidak memperhatikan metode, strategi, model atau pendekatan pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh dosen dalam mempersiapkan pembelajaran. 

Melihat pengalaman pembelajaran daring yang diikuti oleh mahasiswa yang terkesan tidak kreatif  dan  tidak   inovatif  mengakibatkan   persepsi  mahasiswa  terhadap  pembelajaran daring   tidak   menarik  dan materi  pelajaran   tidak   bisa  diterima   dengan  optimal. Pada dasarnya  pemanfatan   teknologi   melalui   aktivitas   pembelajaran   daring   seharusnya memberikan  nilai tambah  kepada  mahasiswa bahwa  mahasiswa  harus  terus mengikuti pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi. Tetapi hasil penelitian menunjukan tidak semua dosen siap memanfatkan fasilitas teknologi untuk melaksanakan proses pembelajaran. Pesatnya perkembangan teknologi tidak diikuti dengan  kreatifitas  dan  kemampuan  inovasi dosen  dalam  memanfaatkan perkembangan teknologi, sehingga pelaksanaan pembelajaran daring tidak bisa berjalan dengan optimal dan bahkan menjadi membosankan.

Kemudian apakah perkuliahan daring ditengan Covid-19 ini bisa dibilang efektif ? Yang dapat diambil dari beberapa pakar mengatakan bahwa penilaian sistem kuliah online universitas di Indonesia tidaklah berjalan efektif. Hal ini dikarenakan tidak meratanya akses dan kecepatan internet, apalagi sistem pembelajaran daring itu membutuhkan kuota yang tidak sedikit dan berlangsung selama berjam-jam. 

Selain itu jumlah mahasiswa yang mendadak ramai mengakses server perguruan tinggi membuat server menjadi down. Akibatnya banyak mahasiswa yang mengaku kesulitan untuk mengakses kelas mereka, belum lagi beberapa dosen terkesan malas memberikan pelajaran, sehingga hanya memberikan tugas tanpa bimbingan yang mendetail. 

Yang menjadi masalah lainnya adalah ketika mata kuliah berbasis program baik dosen maupun mahasiswa, kerap merasa sulit memahami tutorial yang diberikan, karena keterbatasan jarak, ruang, dan waktu. Pada kenyataannya saat praktik di lapangan bisa jadi bukanlah seperti yang diharapkan layaknya kuliah tatap muka, akan tetapi justru sebagai ajang dosen untuk memberikan tugas bagi mahasiswa, dengan kata lain dapat dikatakan bukanlah kuliah online yang terjadi tapi tugas online. 

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi coba kita renungkan apabila setiap dosen menerapkan sistem yang sedemikian rupa, menggantikan materi tatap muka dengan tugas yang cukup banyak dengan waktu yang terbatas tidak menutup kemungkinan mahasiswa akan kewalahan dan proses pembelajaran online menjadi tidak efektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun