Mohon tunggu...
Gaganawati Stegmann
Gaganawati Stegmann Mohon Tunggu... Administrasi - Telah Terbit: “Banyak Cara Menuju Jerman”

Housewife@Germany, founder My Bag is Your Bag, co founder KOTEKA, teacher, a Tripadvisor level 6, awardee 4 awards from Ambassadress of Hungary, H.E.Wening Esthyprobo Fatandari, M.A 2017, General Consul KJRI Frankfurt, Mr. Acep Somantri 2020; Kompasianer of the year 2020.

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Tips Jika Kecopetan di Mallorca, Spanyol

16 Januari 2024   03:50 Diperbarui: 23 Januari 2024   00:41 742
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampang copet depan katedral Palma, Mallorca (dok. Gana Stegmann)

Kamu pernah kehilangan uang selama perjalanan?

Aku pernah.

Seingatku, pertama kali traveling adalah tahun 1994. Umurku waktu itu masih 18 tahun. Karena masih hijau sekali, aku nggak hati-hati meletakkan uang di kamar asrama yang ditinggali 20 orang selama 2 minggu. Harusnya, aku menitipkan pada panitia, atau aku bawa di dalam dompet ke manapun aku pergi.

Mungkin itu pelajaran berharga yang sudah diatur sama Yang Di Atas. Waktu itu aku kehilangan 1.000 peso atau 200 ribuan rupiah. Uang yang tidak seberapa tapi sangat banyak untuk anak gadis seragam abu-abu.

Tiga puluh tahun berlalu, pengalaman kehilangan uang itu kembali mencuat. Ceritanya, mertua yang kami ajak jalan-jalan ke Mallorca, kecopetan! Begini ceritanya:

Setelah keliling dengan kereta kencana mengelilingi katedral selama 20 menit dengan merogoh 40 Euro atau 640 K, kami duduk-duduk di depan katedral. Seperti biasa, kami selfie dan melihat keramaian orang dari atas. Banyak orang berkulit hitam menjajakan barang-barang bermerk dengan harga murah meriah.

Karena tertarik melihat, suami dan aku turun ke bawah. Sebelum menapaki tangga, aku bilang anak-anak dalam bahasa Indonesia supaya menjaga mertua yang sendirian dengan kursi rodanya.

Maklum, banyak orang berbicara bahasa Jerman di sana, entah turis atau orang lokal. Namanya pulau yang sering dikunjungi turis Jerman, ya jadi pintar bahasanya. Betul, kami mau jalan-jalan sebentar. Toh kedua anak gadis sudah jalan-jalan duluan tanpa kami. Jadinya gantian.

Baru lima menit turun ke bawah melihat tas merk Lux, anak bungsu menelpon suami: "Oma kecopetan!"

Suamiku lari seperti sapi dikasih sambal pada acara karapan sapi. Saking cepatnya, aku nggak sadar, suami aku panggil-panggil nggak menyahut. Rupanya, dia lari kenceng menuju depan katedral, di mana mertua dan anak-anak berdiri. Aku pun ikut lari secepat kilat. Yah, ada apa? Aku bingung tapi reflek lari sajalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun