Mohon tunggu...
Aditya Gading
Aditya Gading Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sarana dan Prasarana Pemasaran Global

13 November 2018   19:07 Diperbarui: 13 November 2018   19:29 501
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Media global merupakan istilah yang merujuk pada sistem media yang telah berhasil mendistribusikan muatannya, baik informasi, pendidikan, maupun hiburan pada tingkat global atau internasional. Media global mempunyai karakteristik yang khas yang membedakannya dari media lain (media lokal atau nasional). Media global, sesuai dengan namanya, adalah media yang mendunia. Artinya, media ini memiliki cabang di banyak negara, bahkan mendunia. Media global juga mempunyai sifat ekspansf. Artinya media ini akan terus-menerus melakukan perluasan distribusinya. Entah itu dengan membangun kantor baru ataupun melakukan rekruitmen karyawan baru ataupun dengan membeli saham suatu media.

Media merupakan segala jenis sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengirimkan/menyampaikan pesan dari sumber pesan kepada penerima pesan (Cangara;2016).

Media adalah saluran yang dibuat khusus untuk mempermudah pengiriman pesan termasuk informasi publik dengan memanfaatkan bahasa sebagai alat komunikasi, dan kini media setalah globalisasi memegang peranan penting untuk menyampaiakan informasi ke pada publik baik nasional maupun internasional.

Pengertian pemasaran global adalah suatu proses untuk memfokuskan berbagai sumber daya seperti sumber daya manusia (SDM), modal uang ataupun asset fisik dan berbagai tujuan dari suatu organisasi perusahaan lainnya untuk menanggapi ancaman pasar global serta memperoleh kesempatan di pasar global. (Pengertian pemasaran global menurut : Philip Kotler & Kevin Lane Keller;2008)

Pengertian pemasaran global dan contohnya

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan cepat. Pasar pemasaran tidak hanya menjangkau daerah tertentu atau dalam skata nasional saja. tetapi juga menjangkau ruang lingkup global. Istilah ini dikenal sebutan 'Pemasaran Globa'. Pemasaran global adalah salah satu media pemasaran dengan pangsa pasar terbesar. karena jaringannya mencakup sampai ke seluruh dunia.  Hal yang mendorong perusahaan menerapkan sistem pemasaran global adalah :

  • Tingkat keinginan dan kebutuhan pasar semakin tinggi.
  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi dunia.
  • Kecanggihan teknotogi yang semakin maju dan cepat.
  • Jalur pemasaran semakin diperbaharui sehingga semakin maiu.
  • Produk semakin baik dan berkualitas.
  • Terciptanya perdamaian global.
  • Terbukanya peluang untuk mengembangkan kapasitas produksi secara global.
  • Apa manfaat pemasaran global? Apa tujuan pemasaran global ?
  • Tujuan utama pemasaran global adalah untuk:
  • Meningkatkan potensi laba perusahaan.
  • Meningkatkan pertumbuhan/ ekspansi
  • Menjaga kelangsungan hidup perusahaan dari ancaman pesaing potensi yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

Adapun beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dalam pemasaran global adalah sebagai berikut:

  • Penghematan biaya produksi

Dalam dunia pemasaran secara global. Perusahaan bisa menghemat biaya produksi, seperti :

  • Keleluasaan pemindahan produksi dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Sehingga pengeluaran biaya menjadi lebih murah. Seperti Honda yang ada di Asia (Thailand dan Indonesia)
  • Dalam model produksi yang beraneka ragam, bisa digabungkan menjadi beberapa model saja secara global sehingga akan menghemat biaya produksinya.
  • Tingkat kualitas produksi semakin baik dan tinggi.

Sesuai dengan tingkat kebutuhan pangsar, maka competitor akan semakin banyak bermunculan di pasar global. Dengan demikian, untuk bisa sukses dan lebih unggul dari para pesaing maka mau tidak mau kualitas produksi harus ditingkatkan sehingga bisa terciptanya jumlah peminatnya.

  • Preferensi bagi konsumen semakin meningkat.

Dengan adanya ketersediaan global, service global, dan pengenalan global, makan preferensi konsumen akan semakin meningkat pula. Contohnya seperti berbagai merk dan jenis soft drink dan fast food yang beredar di pasaran saat ini.

  • Peningkatan teknik pemasaran dalam menghadapi kompetitor.

Semakin besar pangsar pasar, maka semakin tinggi pula tingkat persaingannya dalam pemasaran dunia. Jadi, untuk mempertahankan usaha masing-masing, sebagai pengusaha butuh teknik pemasaran yang lebih mantap dari sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun